Bawa Singa ke Pesta Ulang Tahun, Influencer Cantik Banjir Kecaman

Fatha Annisa, Jurnalis · Rabu 30 Juni 2021 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 30 406 2433277 bawa-singa-ke-pesta-ulang-tahun-influencer-cantik-banjir-kecaman-8bAQuI7ntl.jpg Ilustrasi singa (Freepik)

SEORANG perempuan cantik yang juga influencer bikin heboh karena membawa singa ke pesta ulang tahunnya di Kota Lahore, Pakistan. Aksinya direkam lalu videonya viral di media sosial. Ia pun jadi sasaran kecaman netizen.

Dalam video terlihat seekor singa dirantai dan sudah dibius tengah duduk di sofa saat musik menggelegar.

Melansir NDTV, Rabu (30/6/2021), video tersebut direkam saat pesta ulang tahun influencer Susan Khan di Lahore pada awal Juni 2021.

Baca juga: So Sad, 4 Singa di Kebun Binatang Ini Positif Corona

Syed Hassan dari organisasi peduli konservasi Project Save Animals mendapat video tersebut dari seorang temannya. Ia menyayangkan aksi itu. "Jika Anda melihat tangan singa, mereka ditusuk, artinya cakarnya dicabut," kata Hassan kepada Vice News.

ilustrasi

"Saya telah melihat orang-orang di Pakistan memamerkan kucing liar di depan umum dan media sosial. Saya merasa kacau bahwa orang senang melihat binatang liar dibelenggu dan dibius seperti itu."

Project Save Animals membagikan video singa yang dirantai di Instagram, yang menyebabkan kemarahan di kalangan aktivis hak-hak binatang.

"Para influencer memiliki audiens yang besar yang mengikuti mereka dan itu membuat mereka memiliki tanggung jawab yang lebih besar untuk membuat pilihan yang tepat karena ini bukan hanya SATU pesta ulang tahun," tulis organisasi tersebut.

"Meskipun saya tidak menentang pesta ulang tahun dan bagaimana orang merayakannya, tetapi saya sangat menentang orang yang menggunakan hewan sebagai alat peraga."

Baca juga: Pakistan Melarang Wisatawan dari 26 Negara Masuk, Indonesia Termasuk?

Video lain yang tersebar di media sosial juga memperlihatkan Susan Khan tengah mengusap kepala singa tersebut.

"Benar-benar menjijikkan, keji, dan tidak dapat diterima! Bagaimana hati nurani seseorang bisa membiarkan ini terjadi?" tanya salah satu pengguna Instagram di kolom komentar.

"Benar-benar mengerikan," kata warganet lain.

Beberapa orang juga meminta agar dilakukan tindakan hukum terhadap Susan Khan.

Undang-Undang Pakistan memudahkan warganya untuk mengimpor hewan eksotis, tetapi begitu masuk ke dalam negeri, peraturan itu hampir tidak ada.

Hal ini menyebabkan jumlah makhluk seperti kucing besar, yang dipandang sebagai simbol kekayaan dan kekuasaan, diimpor atau dikembangbiakkan di seluruh Pakistan dalam beberapa tahun terakhir, yang membuat para pejabat satwa liar tak berdaya.

Satu orang yang menghadiri pesta Susan Khan mengatakan bahwa singa itu tidak dilecehkan pada pesta. Tetapi tampaknya juga tidak senang.

"Semua orang agak takut, saya kira, tetapi mayoritas orang sangat menikmatinya," kata peserta.

ilustrasi

Project Save Animals juga telah memulai petisi yang menyerukan larangan penggunaan satwa liar sebagai properti. Petisi tersebut telah menerima lebih dari 1.200 tanda tangan dari target 1.500.

Pada bulan Maret tahun ini, pasangan Pakistan juga menghadapi kecaman karena menggunakan anak singa yang dibius dalam pemotretan pernikahan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini