Sebelum Bali Dibuka untuk Wisman, Sadarkan Dulu Masyarakat Agar Taat Prokes

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 01 Juli 2021 09:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 30 406 2433448 sebelum-bali-dibuka-untuk-wisman-sadarkan-dulu-masyarakat-agar-taat-prokes-xyvfSVvyYb.jpg Dua wisatawan mancanegara berjalan di Pantai Kuta, Bali (Antara)

PEMERINTAH menunda pembukaan pariwisata Bali untuk wisatawan mancanegara pada Juli 2021, karena kasus COVID-19 meningkat. Pengamat pariwisata, Arifin Hutabarat mengatakan, sebelum membuka Bali untuk wisman, harus digencarkan dulu pendidikan agar masyarakat sadar protokol kesehatan (prokes).

Menurut Arifin, Bali sebaiknya kembali dibuka untuk wisman agar perekonomian hidup dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat yang segera diterapkan hendaknya jangan terlalu lama. Yang penting dibangun kesadaran menjaga prokes.

Baca juga:  COVID-19 Melonjak, Pariwisata Bali Batal Dibuka untuk Wisatawan Mancanegara

"Bali memang baiknya secepatnya dibuka untuk wisman. Tapi bersamaan dengan itu lancarkan pendidikan massal agar masyarakat taat prokes dan sadar membangun new normal," kata Arifin kepada MNC Portal, Rabu 30 Juni 2021.

Bali jangan abai dengan protokol kesehatan karena jika tidak kondisinya dikhawatirkan mundur kembali.

 

Menurutnya, Bali harus memanfaatkan momentum sekarang untuk perubahan ke trend pariwisata baru.

"Paradigma pariwisata baru sekarang ini dengan menjadikan Bali sebagai point of distribution wisman ke lima destinasi super prioritas," ujarnya.

Baca juga:  Sasar Wisatawan Nusantara, Begini Skema Paket Wisata Vaksin di Bali

Arifin mengatakan Bali dalam hal mengelola dan memasarkan pariwisata jangan lagi meng-copy paste dari sistem lama. Artinya harus menyesuaikan dengan seruan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno yakni membangun pariwisata sekarang harus dengan inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

"Menparekraf bilang, inovasi, adaptasi dan kolaborasi. Bukankah itu yang kini tepat diterapkan segera?" pungkasnya.

(sal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini