PPKM Darurat Diberlakukan, Sandiaga Uno: Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sangat Terdampak

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 01 Juli 2021 14:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 01 406 2433842 ppkm-darurat-diberlakukan-sandiaga-uno-pariwisata-dan-ekonomi-kreatif-sangat-terdampak-iT34m0oz7b.jpg Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (Kemenparekraf)

PEMERINTAH resmi menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat di Jawa-Bali mulai 3 hingga 20 Juli 2021, untuk menekan lonjakan kasus COVID-19. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengakui kebijakan ini berdampak ke pariwisata.

"Menyikapi PPKM Darurat, kami memang sudah mengantisipasi ini sejak empat minggu terakhir dengan adanya varian delta, dan kami juga memastikan kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif akan sangat terdampak," kata Sandiaga saat live Instagram di akun @idx_channel, Kamis (1/7/21).

Baca juga:  Selama PPKM Darurat, Bioskop dan Tempat Wisata Tutup

Sandi menegaskan, adanya lonjakan COVID-19 akibat menyebarnya varian delta mengharuskan adanya PPKM Darurat dan bukan dipicu oleh Work From Bali (WFB) dan Work From Destination (WFD). Kemudian karena masih ada sebagian masyarakat yang tidak taat protokol kesehatan (prokes).

Selain kurangnya pengetatan prokes, juga karena belum sempurnanya pemberian vaksinasi kepada masyarakat. Hal ini bisa menjadi pemicu meningkatnya orang positif COVID-19.

Menparekraf berharap dengan adanya PPKM Darurat ini, dapat menekan angka lonjakan COVID-19 di Indonesia. Khususnya di kawasan Jawa dan Bali. Kemudian untuk lima Destinasi Super Prioritas, sementara ini, kata Sandi, masih dalam terpantau aman dan kondusif.

Baca juga:  PPKM Darurat Berlaku 3 Juli, Begini Aturan Operasional Transportasi Umum Termasuk Pesawat

"Sementara di daerah lain kita lagi pantau, terutama karena kita di lima destinasi super prioritas. Danau Toba sementara masih kondusif, Labuan Bajo dan Mandalika juga masih dalam situasi terkendali," terangnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini