Maskapai Ini Izinkan Penumpang Bawa Anjing Masuk Kabin, Asal....

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Jum'at 02 Juli 2021 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 01 406 2433905 maskapai-ini-izinkan-penumpang-bawa-anjing-masuk-kabin-asal-OXL7Qy82hP.JPG Maskapai Australia izinkan anjing peliharaan masuk kabin pesawat dengan persyaratan tertentu (Foto: Getty Images)

MASKAPAI penerbangan Australia mengizinkan penumpang untuk bepergian dengan hewan peliharaan mereka di kelas ekonomi atau bisnis. Larangan yang awalnya ketat ini lantas dilonggarkan akhir tahun ini.

Saat ini, hanya anjing pemandu yang diizinkan bepergian di kabin pesawat dan semua hewan lainnya disimpan di ruang kargo pada penerbangan komersial di bawah aturan ketat yang diberlakukan oleh Otoritas Keselamatan Penerbangan Sipil (CASA).

The Australian melaporkan, aturan itu akan berubah mulai 2 Desember 2021, di mana kebijakan itu akan diserahkan ke masing-masing maskapai untuk memutuskan apakah akan mengizinkan kembali membawa hewan peliharaan ke kabin pesawat atau tidak.

Maskapai Qantas dan Jetstar telah mengesampingkan kemungkinan itu tetapi Virgin Australia belum membuat keputusan.

Baca juga: Maskapai ini Luncurkan Seragam Kru Kabin Non-Binary Pertama di Dunia

"Kami akan memertimbangkan perubahan peraturan sebagai bagian dari tinjauan perjalanan hewan peliharaan yang lebih luas yang saat ini kami lakukan," kata Juru Bicara Virgin Australia dikutip Okezone dari News.com.au.

Anjing dalam Kabin Pesawat

(Foto: Getty Images)

“Terlepas dari hasilnya, anjing penolong yang ditunjuk masih dapat bepergian di (dalam) kabin,” imbuhnya.

Sementara, Juru Bicara CASA, Peter Gibson mengatakan, akan ada beberapa hal yang harus diselesaikan maskapai penerbangan sebelum mereka memberi lampu hijau kepada hewan peliharaan untuk naik pesawat.

“Dari sudut pandang keamanan, apa yang kami katakan adalah mereka harus memikirkan untuk tidak berada di baris keluar karena anjing bisa menghalangi(penumpang) dan tidak (berkeliaran) di lorong (pesawat),” kata Gibson.

Baca juga: Ribuan Orang Berburu Duit Ratusan Juta yang Ditanam di Pegunungan Utah

“Anda akan memiliki penumpang lain yang mungkin alergi terhadap anjing dan kucing. Ini tidak 100 persen sederhana, tetapi apa yang kami katakan dari sudut pandang aturan adalah selama aturan keselamatan dicentang, kami tidak akan menghalanginya," sambungnya.

Aturan CASA yang baru menyarankan maskapai penerbangan memertimbangkan bagaimana hewan ditahan dan dikendalikan, reaksi mereka terhadap kebisingan, gangguan terhadap penumpang lain, gangguan awak pesawat, serta bagaimana "kotoran atau cairan" akan ditahan.

“Hewan besar harus selalu diamankan agar tidak merusak atau memengaruhi keseimbangan pesawat dalam penerbangan,” demikian bunyi aturan tersebut.

Baca juga: Captain Vincent Ungkap 7 Perbedaan Pilot Private Jet VS Pilot Maskapai

“Seekor hewan berukuran kecil atau sedang yang dibawa ke dalam kabin biasanya perlu ditahan minimal saat lepas landas dan mendarat dan dalam turbulensi,”

Hewan peliharaan seringkali diizinkan masuk kabin pesawat di sejumlah negara termasuk Eropa dan Amerika Serikat, di mana pemiliknya biasanya dikenakan biaya tambahan.

Di Australia, hewan peliharaan -dengan pengecualian hewan penolong- hanya dapat bepergian di ruang kargo, dengan perusahaan transportasi hewan yang bermitra dengan maskapai untuk menyediakan layanan tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini