Deretan Wisata Ciamik di Majalengka, Terasering hingga Situ Cipanten

Firziana Zahra, Jurnalis · Kamis 01 Juli 2021 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 01 408 2433685 deretan-wisata-ciamik-di-majalengka-terasering-hingga-situ-cipanten-eyajz28Kgb.JPG Terasering Panyaweuyan (Foto: Instagram/@terasering_panyaweuyan)

MAJALENGKA merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang dijuluki 'Kota Angin'. Saat ini, Majalengka kian menjadi buruan para pelancong lantaran keindahan alam yang dimilikinya.

Banyak wisatawan yang berbondong-bondong ke Majalengka untuk berburu spot foto. Objek wisata yang disuguhkan Majalengka pun sangat beragam. Mulai dari terasering, danau, air terjun alias curug, hingga berbagai pesona keindahan alam lainnya.

Berikut sejumlah objek wisata ciamik yang wajib dikunjungi manakala Anda berkunjung ke Majalengka:

1. Terasering Panyaweuyan

Objek wisata ini masih menjadi tempat favorit beberapa orang yang pernah berkunjung. Pasalnya, Terasering Panyaweuyan menyuguhkan keindahan alam yang memukau.

Melansir dari laman Instagramnya, @terasering_panyaweuyan, pemandangan dari lereng-lereng terasering yang ditumbuhi oleh tanaman hijau benar-benar memanjakan mata.

Selain terpesona karena keindahannya, udara yang disuguhkan pun begitu sejuk sehingga siapapun yang datang tak ingin cepat kembali pulang.

Terasering Panyeweuyan

(Foto: Instagram/@terasering_panyaweuyan)

Terdapat banyak spot foto di Terasering Panyaweuyan ini. Untuk menikmati keindahan alamnya, kamu cukup membayar sekitar Rp5.000 per spotnya.

Jika tidak ingin naik ke atas, Anda cukup membayar biaya parkir saja dan menikmati keindahan di tepi jalan, atau sekadar menyeruput kopi sambil menunggu momen sunset.

Terasing Panyaweuyan yang beralamat di Desa Sukasari Kidul, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka lumayan memiliki akses jalan yang cukup kecil. Jika Anda ingin berkunjung lebih baik menggunakan sepeda motor.

Namun tenang saja, bagi Anda yang lebih nyaman berkendara menggunakan mobil, tetap bisa kok! Terasering Panyaweuyan ini buka setiap hari mulai pukul 07.00-17.00 WIB.

2. Ciboer Pass

Tempat wisata yang satu ini menyuguhkan sensasi berlibur laiknya di Ubud, Bali. Hamparan sawah yang luas dengan susunannya yang rapi sungguh menyegarkan mata.

Lokasinya yang berada di Jalan Ciboer, Bantaragung, Sindangwangi ini sangat cocok jadi tempat nongkrong seraya menikmati keindahan alamnya yang asri.

Ciboer Pass

(Foto: Instagram/@ciboer_pass)

Jika datang di waktu yang tepat, Anda bisa menyaksikan keindahan sunset berbalut pemandangan Gunung Ciremai yang bakal menghipnotis mata.

Selain itu, Ciboer Pass memiliki sungai di bagian bawah yang jernih dan asri. Di sungai ini Anda juga bisa mengambil beberapa spot foto untuk kebutuhan Instagram, loh! Untuk tiket masuk, Anda hanya perlu membayar parkir yang masih sangat terjangkau

3. Situ Cipanten

Situ Cipanten ialah tempat yang wajib disinggahi lantaran memiliki pemandangan alam memikat. Perpaduan antara danau dan hutan menambah keapikan tempat wisata ini.

Situ Cipanten yang berlokasi di Desa Gunung Kuning, Kecamatan Sindang, Kabupaten Majalengka ini sejatinya sebuah danau seluas kurang lebih satu hektare.

Pamor dari Situ Cipanten sendiri belakangan ini sedang melejit. Sebab, banyak pengunjung yang memamerkan keindahan alam tersebut di sosial medianya.

Situ Cipanten ini memiliki udara yang asri dan suasana yang tenang. Selain danau yang asri dan dihuni banyak ikan, pepohonan yang rindang pun menambah kesejukan sendiri bagi pagi pengunjung.

Situ Cipanten

(Foto: Instagram/@aycahya)

Situ Cipanten memang destinasi wisata yang cocok dikunjungi untuk melipur penat karena kamu bisa berenang di danau yang jernih tersebut. kamu juga tak perlu takut tenggelam karena sudah disediakan pelampung untuk disewa.

Selain itu, disediakan perahu untuk menyusuri danau. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau, yakni Rp5.000 saja.

Terdapat juga berbagai spot foto yang sudah disediakan, antara lain sepeda gantung, ayunan, bingkai love, dan perahu besar yang tidak bisa berlayar. Situ Cipanten buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

4. Curug Cipeteuy

Curug Cipeteuy merupakan air terjun yang berada di Jalan Dukuh Pasir, Bantaragung, Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Untuk sampai ketujuan, Anda harus menempuh sekitar 300 meter dari loket masuk. Namun tenang saja, sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah. Lokasinya yang berada tepat di bawah kaki Gunung Ciremai ini membuat udara begitu asri dan segar.

Curug Cipeteuy

(Foto: Instagram/@farhan_oey24)

Selain menikmati air terjun yang deras, di Curug Cipeteuy ini juga kamu bisa berendam di kolam yang sudah tersedia. Selain itu terdapat juga beberapa curug kecil sehingga akan banyak spot foto yang kamu dapatkan.

Harga tiket masuk ke Curug Cipeteuy ini berbeda-beda. Untuk dewasa dibanderol Rp15.000 dan anak-anak Rp10.000. Selain itu tersedia tiket camping atau bermalam, yakni Rp25.000 saja per malam. Curug Cipeteuy beroperasi pukul 08.00-16.00 WIB.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini