Share

Patung Liberty Kecil Menyusul "Kakaknya" di Pelabuhan New York

Fatha Annisa, Jurnalis · Jum'at 02 Juli 2021 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 02 406 2434539 patung-liberty-kecil-menyusul-kakaknya-di-pelabuhan-new-york-PyzkhQjzew.jpg Replika Patung Liberty di Pulau Ellis, Pelabuhan New York (Reuters)

SEBUAH replika Patung Liberty menyusul ‘kakak perempuannya’ yang lebih dulu ada sejak lebih dari seabad lalu. Patung dengan ukuran lebih kecil dari aslinya itu diletakkan di Pulau Ellis, Pelabuhan New York, Amerika Serikat, pada Kamis 1 Juli 2021.

Replika Patung Liberty yang tingginya 9,3 kaki (2,8 meter) dibawa dari Prancis ke Prancis ke Amerika Serikat dengan truk bak datar minggu lalu dan dinaikkan ke kapal, melintasi Samudera Atlantik.

Baca juga: Bikin Heboh, Muncul Patung Liberty di Arab Saudi

Pada Kamis, para pekerja dengan hati-hati membuka plastik film yang digunakan untuk melindungi patung tersebut dalam perjalanannya melintasi Atlantik.

Patung tersebut dipinjamkan oleh Museum of Arts and Crafts di Paris ke Amerika Serikat selama 10 tahun, dengan tujuan untuk mempererat persahabatan Prancis-Amerika.

ilustrasi

"Ini adalah simbol persahabatan antara Prancis dan rakyat Amerika, tetapi juga merupakan pengingat akan pentingnya pesan kebebasan dan pencerahan dunia, yang merupakan makna patung itu," kata Philippe Tienne, Duta Besar Prancis untuk Amerika Serikat pada upacara peresmian replika Patung Liberty tersebut.

Baca juga: New York Cabut Pembatasan Covid, Warga Berpesta Nyalakan Kembang Api

“Ini adalah gambaran pentingnya kebebasan dalam demokrasi kita, di dalam masyarakat dan juga dunia,” lanjutnya seperti dilansir Reuters, Jumat (2/7/2021).

Versi asli dari Patung Liberty berdiri setinggi 305 kaki atau 93 meter, termasuk dengan dasarnya. Patung itu diberikan oleh Prancis kepada Amerika Serikat sebagai hadiah.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Pembuatannya dimulai pada tahun 1886 dan telah berada di Pulau Liberty, Pelabuhan New York sejak saat itu.

Replika perunggu seberat 992 pon (450 kilogram) dibuat dari model plester Patung Liberty asli Frédéric-Auguste Bartholdi dan akan ditampilkan di Pulau Ellis mulai 1-6 Juli. Jadi akan berada di New York untuk perayaan Hari Kemerdekaan 4 Juli.

Setelahnya patung tersebut akan pindah ke Washington. "Kami merasa sangat penting untuk mengadakan pertemuan antara adik kecil dan besar ini, terutama pada tanggal 4 Juli, dan kemudian pada tanggal 14 Juli, yang merupakan Hari Bastille, akan diresmikan lagi, tetapi di Washington," kata tienne.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini