Karya Seni Dipamer di Arab Saudi Pecahkan 2 Rekor Dunia Guinness

Firziana Zahra, Jurnalis · Sabtu 03 Juli 2021 04:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 02 406 2434637 karya-seni-dipamer-di-arab-saudi-pecahkan-2-rekor-dunia-guinness-7DK7g9SbF6.jpg Beacon di Riyadh (SPA via Saudi Gazette)

KARYA seni yang ditampilkan pada festival seni dan cahaya tahunan Noor Riyadh di Arab Saudi berhasil memecahkan dua rekor dunia dengan tercatat dalam Guinness Book of Records. 

Saudi Press Agency melaporkan bahwa kedua karya seni itu adalah Beacon dan Star in Motion.

Beacon yang merupakan hasil karya seniman Norewgia, Carolina Halatk terdiri dari 272.160 lampu LED yang menerangi Kota Riyadh memecahkan rekor sebagai LED terbesar. Patung ini dipamerkan di Pusat Sejarah King Abdulaziz.

Baca juga: Langka! Gambar Ukiran Kakbah Berusia 2 Abad Dilelang Online

Sementara Star in Motion, karya seniman Belgia, Koert Vermeulen memecahkan rekor dunia sebagai hiasan gantung paling terang di dunia karena dibuat dengan menggunakan 1,2 juta lampu yang digantung pada ketinggian 256 meter di Kingdom Tower. Karya tersebut dilihat oleh warga dan pengunjung Riyadh selama festival.

Melansir dari Saudi Gazette, Jumat (2/7/2021), festival yang berakhir pada 18 Maret ini menutup kegiatannya dengan pameran "Light Upon Light".

Pameran ini diluncurkan di King Abdullah Financial District (KAFD) Kota Riyadh, yang menampilkan seni ringan sejak tahun 1960-an dan menampilkan sejumlah seniman Saudi dan internasional.

Festival Noor Riyadh mengusung tema “Satu Langit menyatukan kita” dan melibatkan lebih dari 60 seniman dari lebih dari 20 negara, serta menawarkan kepada para penonton yang membanjiri pemandangan dari seluruh Kerajaan dan dari luar negeri.

Baca juga: Seniman Sulap Sampah Jadi Karya Seni Bernilai Puluhan Juta

Festival ini merupakan sebuah pengalaman budaya dan manusia yang menginspirasi, termasuk pertunjukan musik dan sinematik, pertemuan virtual, lokakarya, dan kegiatan keluarga yang diadakan di 13 lokasi berbeda di seluruh kota.

Festival ini juga memberikan kesempatan bagi lebih dari 200 relawan untuk memasuki bidang kreativitas dan menimba pengalaman profesional.

Lebih dari 300.000 orang menghadiri acara hiburan tersebut, dengan lebih dari 12.000 pengunjung menghadiri pameran “Noor upon Noor” dan 93 persen pengunjung menyatakan kepuasan dan kekagumannya atas kegiatan yang mereka saksikan ini.

Festival Noor Riyadh adalah salah satu program dari Proyek Seni Riyadh, yang bertujuan untuk membangun lebih dari 1.000 karya seni publik di seluruh kota Riyadh.

ilustrasi

Festival ini menyatukan seniman Saudi dan internasional dengan program yang menampilkan beberapa nama paling mapan dalam seni ringa serta daftar luas seniman lokal dan regional yang baru muncul dan mapan.

Lebih dari 60 seniman dipamerkan, dengan instalasi seluruh kota dipamerkan di seluruh Riyadh. Kegiatan Ini didukung oleh festival cahaya dan seni tahunan dan Tuwaiq International Sculpture Forum dan bertujuan untuk berkontribusi dalam mencapai Visi Kerajaan Arab Saudi 2030.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini