Keunikan Air Terjun Kabut Pelangi, Surga Tersembunyi di Kaki Gunung Semeru

Ahmad Haidir, Jurnalis · Sabtu 03 Juli 2021 09:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 02 408 2434670 keunikan-air-terjun-kabut-pelangi-surga-tersembunyi-di-kaki-gunung-semeru-vvQJ4Nu9Gv.jpg Air terjun Kabut Pelangi di Lumajang (Instagram @exploreindonesia)

AIR terjun salah satu destinasi wisata paling seru untuk liburan dan melepas penat. Menikmati sejuknya guyuran air alami dengan pemandangan alam asri pegunungan sungguh pengalaman luar biasa.

Indonesia memiliki banyak air terjun keren. Salah satu di antaranya adalah Air Terjun Kabut Pelangi di Lumajang, Jawa Timur.

Baca juga: 5 Air Terjun Indah di Nganjuk, Wisata Andalan Bupati Novi Rahman Hidayat

Nah, apa saja keunikan air terjun di kaki Gunung Semeru ini?

Asal Usul Nama ‘Kabut Pelangi’

Air terjun ini dinamai kabut pelangi didasarkan pada seringnya muncul penampakan warna-warni pelangi. Ini terjadi karena membiasnya cahaya matahari dan air terjun.

Lokasi Air Terjun

Air Terjun Kabut Pelangi berada di Desa Pronojiwo, tak jauh dari Jalan Raya Lumajang-Malang. Gerbang utama memasuki air terjun berjarak sekitar 1 kilometer dari Polsek Pronojiwo.

Baca juga: Mitos Air Terjun Pengantin Selalu Buat Traveler Penasaran

Untuk menembus lokasi ini harus melewati medan terjal, menaiki bukit, melewati sungai-sungai kecil. Tapi, rasa lelah terbayar dengan pemandangan eksotis di destinasi tujuan.

Keunikan dan Keindahan Air Terjun Kabut Pelangi

Air Terjun Kabut Pelangi berada di ketinggian 1229 mdpl. Suasana di lokasi sejuk dengan pemandangan asri dan menenangkan di sekelilingnya. Pada waktu tertentu, Anda bisa melihat langsung pelangi menggantung di air terjun setinggi 100 meter tersebut

Harga Tiket dan Fasilitas 

Walaupun berada di hutan, namun terdapat beberapa warung yang buka sepanjang jalur menuju air terjun.

Untuk bisa berkunjung ke Air Terjun Kabut Pelangi, pengunjung hanya dikenakan tarif parkir kendaraan serta harga tiket masuk sekitar Rp 5000 (harga mungkin bisa saja berubah seiring waktu).

Tips Berkunjung ke Air Terjun Kabut Pelangi

Tertarik untuk mengunjungi Air Terjun Kabut Pelangi? Ada beberapa tips nih buat anda yang ingin berwisata kemari agar perjalanan anda semakin nyaman!

Tips pertama, pastikan kondisi anda fit karena medan untuk menuju air terjun cukup menantang. Lalu pastikan anda juga membawa perbekalan yang cukup.

 ilustrasi

Selanjutnya, isi penuh baterai gadget anda. Ini penting selain sebagai alat berkomunikasi, jangan sampai anda tidak mengabadikan momen menikmati panorama indah air terjun hanya karena baterai gadget lowbat.

Yang terakhir, pastikan anda membawa baju ganti serta memilih sandal yang kuat agar perjalanan anda semakin nyaman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini