Belum Divaksin Covid-19, Warga Inggris ke Portugal Wajib Patuhi Aturan Ini

Firziana Zahra, Jurnalis · Minggu 04 Juli 2021 01:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 03 406 2435057 belum-divaksin-covid-19-warga-inggris-ke-portugal-wajib-patuhi-aturan-ini-raJBbXKJWD.JPG Warga Inggris tiba di Bandara Faro, Portugal (Foto: Reuters/Pedro Nunes)

PORTUGAL belum lama ini mengumumkan aturan baru bagi turis asal Inggris yang hendak menginjakkan kakinya di negara itu. Mereka harus melakukan vaksinasi penuh serta mengarantina diri selama 14 hari saat kedatangan.

Kabar itu lantas jadi pukulan bagi orang Inggris yang merencanakan liburan keluarga, terlebih sebagian besar anak berusia di bawah 18 tahun belum menerima vaksin mereka.

Namun, panduan dari Visit Portugal telah mengonfirmasi bahwa anak-anak dibebaskan dari aturan karantina meski ada beberapa catatan.

Anak berusia 12-18 tahun akan dibebaskan dari karantina, asalkan mereka bepergian dengan orangtua atau wali resmi yang divaksinasi penuh.

Baca juga: Punya Sertifikat Perjalanan Digital Covid-19, Turis Bebas Karantina saat Liburan di Eropa

Namun, mereka masih perlu menjalani beberapa persyaratan untuk dikunjungi, seperti menunjukkan bukti hasil tes PCR negatif. Anak anak di bawah 12 tahun akan dibebaskan dari persyaratan karantina dan pengujian.

Siapapun yang berusia di atas 18 tahun wajib divaksinasi sepenuhnya (dosis 1-2), atau menjalani karantina 14 hari. Aturan baru saat ini berlaku hingga 11 Juli, tergantung pada peninjauan.

Portugal

(Foto: Reuters/Violeta Santos Moura)

Saat ini, liburan ke Portugal sepertinya tidak tepat untuk orang Inggris. Negara ini ada dalam daftar kuning Inggris yang berarti setiap warganya yang berkunjung ke sana akan diminta untuk karantina mandiri 10 hari sepulangnya ke Inggris serta mengambil dua tes PCR.

Kantor Luar Negeri tidak menyarankan perjalanan ke Portugal yang sudah menyebabkan kebingungan bagi para wisatawan. Perusahaan travel dapat mengoperasikan hari libur meski sejumlah perusahaan seperti TUI dan EasyJet mengizinkan wisatawan untuk mengubah liburan secara gratis jika tujuan sedang dalam daftar kuning.

Baca juga: Potret Cantik Pramugari Dara Agung Ariani, Netizen: Tahi Lalatnya Ngangenin

Selain Portugal, ada beberapa negara yang juga memperketat pembatasan bagi wisatawan Inggris di tengah kekhawatiran serangan virus varian Delta.

Misalnya saja Malta, yang hanya akan menyambut orang Inggris yang sudah divaksinasi untuk liburan, sementara Spanyol telah memperkenalkan persyaratan pengujian PCR untuk turis Inggris yang tidak divaksinasi, kendati sebelumnya tidak mengharuskan hal ini saat kedatangan.

Sementara Prancis telah mengubah aturannya yang berarti orang Inggris membutuhkan alasan penting untuk berkunjung. Italia juga telah mengumumkan isolasi mandiri wajib lima hari bagi pengunjung Inggris.

Kendati banyak destinasi yang terbuka hanya bagi wisatawan yang divaksinasi, masih ada sejumlah negara yang rela menyambut pelancong Inggris yang belum divaksin, tentunya dengan persyaratan pengujian.

Kabar baik bagi wisatawan Inggris negara tersebut termasuk dalam daftar hijau (tak ada aturan karantina sepulang ke Inggris), di antaranya Kepulauan Balearic dan Gibraltar.

Adapula sejumlah hotspot liburan dari Yunani ke Kroasia yang menyebutkan bahwa mereka tidak mengharuskan orang Inggris untuk dites ganda (double check), sekalipun saat ini masuk dalam daftar kuning. Kantor Luar Negeri setempat merekomendasikan untuk tidak melakukan perjalanan tidak penting.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini