Share

6 Kota Terbaik di Eropa untuk Traveler Pencinta Arsitektur Unik

Firziana Zahra, Jurnalis · Minggu 04 Juli 2021 09:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 03 408 2434952 6-kota-terbaik-di-eropa-untuk-traveler-pencinta-arsitektur-unik-z6CgPkbnJy.jpg Andalusia, Spanyol (Freepik)

PEMANDANGAN kota-kota di Eropa sangat bervariasi, penuh sejarah dan berbagai gerakan artistik yang terkait dengan politik, agama, serta banyak hal. Eropa juga sudah menjadi destinasi liburan menakjubkan bagi turis di seluruh dunia.

Melansir dari Euronews, Minggu (4/7/2021), enam kota di Eropa berikut ini terkenal dengan gaya arsitektur tertentu, bagus untuk foto dan layak dikunjungi.

Terbaik untuk arsitektur Gotik, Zagreb, Kroasia

Arsitektur gothic bertahan antara pertengahan abad ke-12 dan abad ke-16. Hal ini ditandai sebagai jenis bangunan batu dengan ruang gua, langit-langit tinggi, lengkungan runcing, dan sering jendela kaca patri.

Baca juga: Serunya Taman Air Terbesar Dunia, Ada Hutan Hujannya Juga

Sebagai ibu kota Kroasia dan kota terbesar di negara itu, Zagreb memiliki sejarah Panjang yang ditunjukkan dalam arsitekturnya.

Ilustrasi

Bangunan Universitas Zahreb

Fitur gothic lanskap kota sering dibangun pada abad ke-14, didukung oleh ordo khotbah seperti Fransiskan dan budaya ksatria.

Terbaik untuk Art Nouveau, Wina, Austria

Arsitektur Art Nouveau paling populer dari akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20.

bentuk arsitek ini menggunakan bahan-bahan modern seperti besi, kaca dan keramik, serta menggambar inspirasi dari bentuk-bentuk alami seperti tanaman dan bunga.

Arsitek Austria yang berpengaruh seperti Otto Wagner dan Adolf Loos memberikan kontribusi signifikan yang membantu membentuk cakrawala modern Wina. Tempat-tempat seperti stasiun Karlsplatz dan Pemisahan Wina adalah contoh yang indah.

Terbaik untuk arsitektur Moor, Andalusia, Spanyol

Arsitektur Moor berkembang di dunia Islam barat, khususnya Al-Andalus, yang dulunya adalah Portugal dan Spanyol yang diperintah oleh Muslim.

Ilustrasi

Andalusia

Ini memadukan pengaruh Berber Afrika Utara dengan pengaruh Iberia pra-Islam dan Timur Tengah. Ciri khasnya adalah kubah, lengkungan khas gaya, kaligrafi, dan bentuk geometris. Alhambra dan Palacio de Generalife adalah tempat utama untuk dikunjungi untuk detail yang sangat indah.

Terbaik untuk arsitektur Tudor, London, Inggris

Cakrawala London saat ini didominasi oleh gedung pencakar langit kontemporer yang dibangun terutama dari kaca dan baja. Namun, kota ini masih menyimpan bangunan Tudor yang indah.

Baca juga: Demam Piala Eropa 2020, Ini 4 Fakta Unik Kota London

Gaya ini sering dicirikan oleh bangunan setengah kayu, jendela bertimbal, dan lengkungan rendah. Istana St James di jantung kota dan Pondok Berburu Ratu Elizabeth menawarkan dua contoh arsitektur periode yang sangat berbeda.

Terbaik untuk Brutalisme, Beograd, Serbia

Brutalisme muncul pada pertengahan abad ke-20 dari gerakan modernis. Hal ini umumnya ditandai dengan penggunaan permukaan yang kasar dan belum selesai, bentuk yang tidak biasa, bahan yang tampak berat dan garis lurus.

Arsitektur brutal dapat ditemukan di seluruh kota, dari Gerbang Kota Timur hingga Menara Genex di Beograd Baru.

Terbaik untuk Barok, Lisbon, Portugal

Arsitektur Barok dicirikan oleh gaya teater dan dekoratifnya yang diperkenalkan pada awal abad ke-17 untuk melawan Reformasi dengan menginspirasi kekaguman pada para penyembah.

Ilustrasi

Saat ini, bangunannya terus mengejutkan dan ditandai dengan penggunaan lukisan, patung, langit-langit yang ramai, kolom bengkok, dan tangga besar.

Di Lisbon, contoh utama yakni Gereja Santa Engrácia dan Istana Mafra melewati pergerakan lebih lambat dari yang lain dan selama periode kekayaan yang tiba-tiba, barok Portugal secara signifikan lebih sederhana daripada negara-negara seperti Italia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini