Uniknya Kue Arafit, Buah Tangan Khas Tanah Rencong Berbahan Kacang Merah

Jamal Pangwa, Jurnalis · Minggu 04 Juli 2021 12:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 04 301 2435169 uniknya-kue-arafit-buah-tangan-khas-tanah-rencong-berbahan-kacang-merah-ITQM2mDCik.JPG Kue arafit khas Aceh (Foto: Instagram/@kuearafik_kakni)

ACEH merupakan daerah yang memiliki kawasan wisata bahari laut yang memersona. Bahkan, banyak wisatawan mancanegara yang rutin menyambangi wilayah berjuluk Tanah Rencong itu setiap tahunnya untuk menikmati keindahan alam.

Selain itu negeri Serambi Makkah juga memiliki berbagai keunikan kulinernya yang membuat Anda bakal ketagihan, seperti kuwah beulanggong, mie kepiting, martabak kepiting, serta makanan lainnya. Aceh juga memiliki oleh-oleh khas yaitu kue arafit.

Bagi Anda yang sedang berlibur bersama keluarga di Aceh, wajib mencoba kuliner ini, sebab dijamin puas.

Kue arafit asal Kabupaten Pidie Jaya banyak dijajakan di pinggiran jalan lintas nasional Medan-Banda Aceh, tepatnya di Desa Paya, Kecamatan Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya.

Baca juga: Gaya Kece Pramugari Bella di Kabin Pesawat, Warganet: Mantu Idaman!

Selain membelinya Anda juga bisa melihat langsung proses pengolahannya secara alami dari tangan tangan warga setempat yang terampil. Kue arafit ini terbuat dari adonan tepung dan kacang merah.

Salah seorang pengusaha kue arafit, Fajar mengatakan, setiap harinya mereka bisa menghabiskan dua sak tepung gadung dan 80 kilogram kacang merah, gula, minyak goreng dan garam.

"Kue arafit ini merupakan kue yang mengunakan bahan bakunya tepung gadung dan kacang merah. Ide pertama itu diambil dari nama kue arifit ini dari turunan kue oleh-oleh Sabang yaitu bakpia," ucap Fajar.

Fajar menambahkan, omzet penjualan kue arafit ini bisa mencapai Rp2,5 juta per hari. Ia juga memiliki jumlah pekerja sembilan orang yang setia membantunya menggeluti usaha kuliner khas daerah tersebut.

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini