Gak Perlu Puyeng, Simak Nih 4 Tips Staycation Selama PPKM Darurat

Fatha Annisa, Jurnalis · Minggu 04 Juli 2021 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 04 406 2435157 gak-perlu-puyeng-simak-nih-4-tips-staycation-selama-ppkm-darurat-TvdWUoOpA5.JPG Ilustrasi (Foto: Instagram/@salilaresort)

PEMBERLAKUAN Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat resmi berlaku mulai 3 April hingga 20 April 2021 mendatang di wilayah Jawa dan Bali. Staycation kembali jadi alternatif liburan pribadi maupun keluarga.

Sektor pariwisata lagi-lagi terkena imbas pandemi. Sejak diberlakukannya PPKM Darurat untuk lebih dari dua pekan, beberapa tempat wisata dan mal diwajibkan tutup demi mengurangi kerumunan yang dapat meningkatkan penyebaran virus corona.

Meski begitu, hotel tetap membuka pintunya bagi masyarakat yang mendambakan suasana baru di luar rumah mereka. Banyak orang memang telah memilih staycation sebagai pilihan liburan semenjak pandemi menerpa Tanah Air.

Staycation bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan kepenatan selama beraktivitas di rumah. Namun jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability).

Terdapat beberapa tips staycation agar terhindar dari Covid-19. Yuk simak ulasannya!

Baca juga: Kegiatan Masyarakat Dibatasi Akibat Pandemi, Begini Cara Staycation Aman saat Libur Sekolah

Pemeriksaan kesehatan

Sebagai bentuk kewaspadaan pencegahan virus, lakukan pemeriksaan kesehatan sebelum berlibur. Jika kondisi fisik bermasalah sebaiknya tunda rencana liburan.

"Sebaiknya masyarakat sudah memastikan dirinya terlindungi dari penyakit sistem saluran pernafasan, seperti dengan melakukan vaksinasi flu dan pneumococcus," kata Dokter Johny Sulistio beberapa waktu lalu.

Disiplin protokol kesehatan

Saat pergi staycation jangan lupa tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer dan tetap menjaga jarak.

“Siapkan bekal masker dan hand sanitizer secukupnya. Masker sebaiknya diganti setiap 8 jam agar lebih aman,” tambah Dokter Johny.

Hindari kerumunan

Hal penting lain untuk tetap diperhatikan adalah menghindari kerumunan. Menginap di hotel ataupun akomodasi lain tidak menghilangkan peluang untuk bertemu dengan pengunjung lain, seperti di lobi atau di lift. Usahakan untuk selalu menjaga jarak setidaknya 1-2 meter dari orang lain.

Kumpulkan informasi penunjang kesehatan

Kumpulkan informasi tentang lokasi staycation yang akan dihuni dengan memertimbangkan beberapa hal, seperti jauh dari keramaian hingga protokol kesehatan yang diterapkan di lokasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini