Misteri Tanggal Pembuatan Infinity Pool Kuno Ini Akhirnya Terungkap

Firziana Zahra, Jurnalis · Rabu 07 Juli 2021 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 06 406 2436526 misteri-tanggal-pembuatan-infinity-pool-kuno-ini-akhirnya-terungkap-V2hEXhNV4H.jpg Kolam tanpa batas kuno yang digali di Po Italia (Cremaschi via PLoS One)

PARA arkeolog berhasil menentukan penanggalan struktur kayu unik yang digali di sebuah bukit kecil di dataran Po Italia utara pada 2005. Struktur ‘infinity pool’ alias kolam tanpa batas kuno yang digunakan sekitar 3.000 tahun lalu itu juga menjadi rumah bagi banyak penemuan artefak sejarah, termasuk bejana keramik dan patung-patung.

Struktur dalam tanah yang diberi nama Noceto Vasca Votiva tersebut dibangun dominan dari kayu dan sedikit lebih besar dari kolam renang modern di halaman belakang.

Baca juga: Colosseum Buka Kembali Terowongan Bawah Tanah Bekas Ruang Tahanan Romawi

Melansir Daily Sabah, Rabu (7/7/2021), para ilmuwan dari Universitas Cornell New York menggunakan dendrochronology dan suatu bentuk penanggalan radiokarbon untuk menentukan tanggal di mana dua bagian utama kolam infinity pool kuno itu dibuat.

Penelitian baru menunjukkan bahwa tangki bawah dibangun pada 1444 Sebelum Masehi (SM) dan tangki atas dibangun pada 1432 SM, kedua masa dikenal dengan Zaman Perunggu Tengah.

Peneliti juga akhirnya memberikan usia yang tepat untuk sejarah kolam yang tetap diselimuti misteri selama lebih dari 15 tahun.

Arkeolog memperkirakan tanggal pembangunan kolam renang yang terletak di dataran Po antara Pegunungan Alpen dan pegunungan Apennine antara tahun 1600 dan 1300 SM.

Tim dari Universitas Cornell yang dipimpin oleh Sturt Manning, profesor terkemuka Seni dan Sains di Klasik dan direktur Tree-Ring Laboratory, menggunakan bentuk penanggalan yang disebut "wiggle matching".

Baca juga: Cangkang Keong, Alat Musik Berusia 17 Ribu Tahun dengan Nada Nyaris Sempurna!

Menurut penelitian, teknik ini memungkinkan para ilmuwan secara tepat menentukan tanggal artefak dengan urutan cincin pohon bahkan ketika tidak ada urutan pohon yang tersedia.

Untuk wilayah geografis tertentu dicocokkan pola isotop radiokarbon dari peningkatan pertumbuhan tahunan artefak kayu kuno, atau lingkaran pohon, dengan pola dari kumpulan data yang ditemukan di tempat lain di seluruh dunia.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Science Daily tersebut mencatat bahwa Noceto Vasca Votiva adalah pekerjaan besar pada zamannya yang membutuhkan tenaga kerja ekstensif untuk menggali lokasi kolam dan menyeret kayu ke lokasinya. Studi ini juga memberikan teori seputar tujuan kolam.

Menurut para ahli, kolam infinity tidak digunakan sebagai reservoir mengingat posisinya yang agak tidak dapat diakses dan juga tidak digunakan untuk irigasi.

Bukti menunjukkan bahwa struktur itu adalah bagian dari ritual air supernatural, karena tim Manning mencatat bahwa beberapa benda termasuk keramik dan patung-patung ditemukan tersimpan di dalam tangki.

Ilustrasi

Arsitektur kolam yang halus, yang juga memberinya beberapa kualitas "kolam tanpa batas" modern, mungkin juga merupakan hasil dari alasan spiritual menurut Manning.

"Sangat menggoda untuk berpikir tentang menciptakan permukaan reflektif yang dapat Anda lihat, dan di mana Anda meletakkan beberapa persembahan, tetapi Anda juga melihat langit di atas dan menghubungkan tanah, langit, dan air hujan," tutur Manning kepada Science Daily.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini