Rekomendasi Itinerary Labuan Bajo Super Puas, Jangan Lupa Beli Oleh-Oleh

Fatha Annisa, Jurnalis · Kamis 08 Juli 2021 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 07 408 2437042 rekomendasi-itinerary-labuan-bajo-super-puas-jangan-lupa-beli-oleh-oleh-A1Mrzf9IkU.JPG Rekomendasi itinerary Labuan Bajo (Foto: Instagram/@kalvin.ping)

REKOMENDASI itinerary Labuan Bajo bisa Anda persiapkan. Ya, Labuan Bajo dikenal memiliki sejuta keindahan alam yang selalu berhasil menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara. Wilayah ini disebut-sebut sebagai gerbang utama wisata di Nusa Tenggara Timur.

Keeksotisan bentang alam Labuan Bajo membuat banyak wisatawan terpesona. Mulai dari deretan bukit dengan pemandangan matahari terbenam yang luar biasa menakjubkan hingga pantai berpasir putih dan air yang jernih.

Tak hanya itu, Labuan Bajo juga merupakan kota di ujung barat laut Flores yang dikenal sebagai pintu utama menuju Taman Nasional Komodo.

Jika Anda ingin melihat langsung keindahannya namun bingung menyusun itinerary, Okezone sudah membuatnya, loh! Yuk, simak rencana perjalanan ke Labuan Bajo untuk 4 hari 3 malam.

Hari pertama

Usahakan mencari penerbangan pagi supaya sejak hari pertama menginjakan kaki di Labuan Bajo pun Anda bisa langsung berjalan-jalan. Di hari pertama Anda bisa mengeksplor tempat wisata yang jaraknya berdekatan seperti Gua Batu Cermin, Bukit Cinta Elora, Bukit Sylvia, dan Bukit Amelia. Keempatnya merupakan destinasi wajib Labuan Bajo.

- Gua Batu Cermin

Gue Batu Cermin sendiri terletak di Desa Batu Cermin yang tidak jauh dari Bandara Internasional Komodo. Dengan membayar Rp20.000, pengunjung sudah bisa masuk dan melihat kemegahan gua yang begitu eksotis ini. Namun perlu dicatat bahwa jarak dari pintu masuk sampai ke bagian luar gua adalah sekitar 200 meter. Dan untuk sampai ke mulut gua, pelancong perlu menaiki beberapa anak tangga.

Gua Batu Cermin

(Foto: Instagram/@_ssyyaaa)

- Bukit Cinta Elora

Jika Anda berlibur dengan pasangan tidak ada salahnya mengunjungi Bukit Cinta Elora. Dulunya, spot wisata ini tidak memiliki nama. Tapi karena banyaknya pengunjung yang datang bersama pasangan untuk mengobrol santai dan berfoto, bukit ini kemudian dinamai Bukit Cinta. Pemandangan dari atas Bukit Cinta Elora memang sangat indah dan suasananya pun romantis.

- Bukit Amelia

Labuan Bajo mendapat julukan kota matahari terbenam. Hal ini karena banyak tempat yang bisa didatangi wisatawan untuk mengagumi keindahan matahari terbenam, seperti Bukit Amelia. Lokasinya dekat dengan pusat masyarakat di Labuan Bajo. Pesona yang ditawarkan merupakan padang savana berpanorama laut. Saat matahari terbenam pengunjung akan menyaksikan bagaimana mentari perlahan tenggelam di tengah laut yang biru.

Hari kedua

Anda bisa melakukan aktivitas Island Hopping atau menyinggahi pulau-pulau yang ada di Labuan Bajo pada hari kedua. Demi menghindari arus yang semakin besar dan angin yang kencang, maka sangat disarankan untuk memulainya sejak pagi hari. Pulau-pulau yang bisa dikunjungi seperti Pulau Padar, Pulau Rinca, dan Pulau Kanawa.

- Pulau Rinca

Tujuan wisatawan liburan ke Labuan Bajo kebanyakan adalah melihat keberadaan komodo di alam liar. Nah, di Pulau Rinca ini pelancong akan menemukan reptil purba itu. Kira-kira ada 1.000 ekor komodo berkeliaran yang bisa Anda temukan.

Pulau Rinca, habitat komodo

(Foto: Instagram/@antipedes)

- Pulau Kanawa

Tidak seperti dua pulau sebelumnya, Pulau Kanawa hanya memiliki luas 32 hektar dan memiliki lokasi agak tersembunyi. Tetapi, Pulau Kanawa memiliki air laut yang sangat jernih dan dihiasi oleh terumbu karang yang indah. Pulau ini merupakan spot favorit untuk snorkeling, diving, atau sekadar berenang di tepi pantainya.

Hari ketiga

Di hari ketiga Anda bisa menengok pasir merah muda di Pink Beach, berkunjung ke Taka Makassar, dan berenang bersama Manta Ray di Manta Point.

- Pink Beach

Pink Beach berada di kawasan Taman Nasional Komodo. Daya tarik utama objek wisata ini tentunya hamparan pasir berwarna merah muda, bukan putih layaknya pada kebanyakan pantai.

Wisatawan bisa merebahkan tubuh di atas hamparan pasir merah muda, serta melakukan snorkeling dan menyaksikan kehidupan bawah laut. Pengunjung juga bisa bertemu dengan komodo dragon, spesies reptil terbesar yang tidak bisa ditemukan di belahan dunia lainnya.

Pink Beach di Labuan Bajo, NTT

(Foto: Instagram/@tito.dipokusumo)

- Manta Point

Di Manta Point wisatawan tidak hanya berkesempatan melihat Manta Ray atau yang biasa dikenal dengan Ikan Pari, tetapi juga berenang bersamanya dan berinteraksi langsung di habitat aslinya. Ikan Manta yang ada merupakan salah satu yang terbesar dengan panjang sekitar 3 meter. Selain itu, pelancong juga akan berjumpa dengan ikan badut, ubur-ubur, dan biota laut lainnya.

Hari Keempat

Menghabiskan hari terakhir liburan di Labuan Bajo sebaiknya dipakai untuk berbelanja, berburu oleh-oleh untuk keluarga serta kerabat yang menunggu di rumah. Oleh-oleh dari Labuan Bajo yang wajib masuk koper antara lain kopi manggarai, roti kompiang, Kain Songke, atau pernak-pernik khas lainnya.

Namun jika jadwal penerbangan pulang Anda siang hari, sebaiknya aktivitas berburu oleh-oleh dilakukan di akhir hari ketiga agar tidak ada buah tangan yang terlupa untuk dibeli.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini