Menelusuri Musala dan Makam Keramat di Tengah Hutan Gunung Pucangan Jombang

Ahmad Haidir, Jurnalis · Kamis 08 Juli 2021 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 08 408 2437424 menelusuri-musala-dan-makam-keramat-di-tengah-hutan-gunung-pucangan-jombang-mjjItVfFny.png Musala di tengah hutan Gunung Pucangan, Jombang, Jawa Timur (Youtube Kuno Brono)

MUSALA atau masjid umumnya ada di permukiman warga. Namun, siapa sangka ternyata di tengah hutan puncak Gunung Pucangan, Jombang, Jawa Timur terdapat sebuah musala.

Bangunannya utuh layaknya musala-musala di tengah kampung atau perkotaan. Tapi untuk menuju musala di tengah hutan ini, harus menapaki anak tangga.

Baca juga: 5 Masjid Terunik di Indonesia, Cocok Buat Wisata Religi yang Instagramable

Seperti apa musala tersebut? Berikut ulasannya dikutip dari kanal Youtube Kuno Brono :

Lokasi dan Akses Menuju Musala

Keberadaan musala tersebut dibagikan oleh sang pemilik akun Kuno Brono. Ia diketahui sedang menjelajah Gunung Pucangan, Jombang, bersama seorang rekannya.

Saat perjalanan, ia secara tak sengaja menemukan sebuah musala yang lokasinya berada di tengah-tengah hutan dan berada di area puncak gunung.

Ilustrasi

Foto Youtube Kuno Brono

Untuk menuju musala tersebut, terdapat sebuah jalan setapak yang menanjak.

"Jadi di tengah hutan ini ada sebuah musala. Berada di atas sana. Ini tanjakan yang sangat melelahkan," ujar sang perekam video menunjukkan rute jalan sebagai akses menuju musala.

Ia kemudian menyatakan keheranannya terhadap keberadaan musala tersebut kepada rekannya.

"Tadi saya juga kaget, di tengah hutan kok ada musala," lanjutnya.

Musala Tanpa Nama dengan Pemandangan Asri

Karena lokasinya yang berada di tengah hutan dan berada di area puncak pegunungan, mushola tersebut memiliki pemandangan yang asri karena dikelilingi oleh pohon-pohon lebat.

Namun musala tersebut tampak tidak memiliki nama selayaknya bangunan musala ataupun masjid pada umumnya. Hanya terdapat papan penanda dari kayu bertuliskan 'Mushola' yang tergantung di atap bangunan.

Baca juga: Ustadz Abdul Somad Jadi Duta Wisata Religi

Meskipun begitu, musala tersebut ternyata cukup bersih sehingga layak digunakan sebagai tempat beribadah bahkan beristirahat.

"Ini musala yang ada di tengah hutan dan ada di atas gunung bagus sekali pemandangannya. Jadi kita akan salat di sini sambil beristirahat," ujar sang vlogger.

Terdapat Makam Keramat di dalam Musala

Sebelum beristirahat, pemilik akun tersebut terlebih dahulu mengelilingi bagian dalam musala.

Ia lantas terkejut usai menemukan sebuah makam yang terletak persis di samping musala di bagian dalam bangunan.

"Ini kita lihat sekitarnya. Wah ini ada makam," ucapnya terkejut.

Diduga makam tersebut merupakan sebuah makam keramat dan merupakan pusara dari orang yang dianggap 'sakti' karena terdapat sebuah pesan tertulis bagi para peziarah makam.

"Mohon tidak membakar dupa di atas pusara. Taruh di tempat yang telah disediakan. Makasih. Ttd Kuncen," begitulah tulisan yang terdapat pada kertas di samping pusara makam.

Ilustrasi

Foto Youtube Kuno Brono

Pemilik video tersebut kemudian melanjutkan langkahnya dengan mengelilingi seluruh wilayah mushola tersebut. Pada bagian belakang musala, ia menemukan sebuah peralatan masak yang tampak terbengkalai.

Selesai berkeliling, pemilik video tersebut kemudian mempertanyakan juri kunci dari makam dan musala tersebut untuk menggali informasi lebih lanjut. Namun ia tidak menemukan seorang pun yang berada di lokasi.

Ia kemudian berasumsi bahwa musala tersebut diperuntukkan bagi para peziarah dari makam tersebut agar lebih mudah ketika ingin melaksanakan salat.

"Jadi yang kesini adalah orang yang mungkin mau berziarah kali ya. Jadi yang berziarah kesini, disediakan musala biar salatnya engga kemana-mana, sudah ada tempatnya sendiri", ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini