Lucunya Rani, Calon Peraih Gelar Sapi Terkecil di Dunia

Agregasi BBC Indonesia, Jurnalis · Jum'at 09 Juli 2021 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 09 406 2438029 lucunya-rani-calon-peraih-gelar-sapi-terkecil-di-dunia-QgxQm2mIoT.jpg Sapi bernama Rani di Bangladesh tubuhnya lebih kecil dari seekor kambing dewasa (Foto AFP/Getty Images via BBC)

RIBUAN orang berbondong-bondong mendatangi sebuah peternakan di Bangladesh untuk melihat selebritas baru: seekor sapi kerdil bernama Rani.

Tinggi badan sapi Bhutti, atau Bhutan, itu hanya 51 cm dan beratnya 28 Kg.

Baca juga: Karya Seni Dipamer di Arab Saudi Pecahkan 2 Rekor Dunia Guinness

Meskipun seluruh Bangladesh sedang dalam lockdown, lebih dari 15.000 orang dilaporkan telah berkunjung untuk melihat Rani di peternakannya di Charigram, dekat ibu kota Dhaka.

Manajer peternakan Hasan Howladar telah mendaftarkan Rani ke Guinness Book of Records, menyebutnya sebagai 'sapi terkecil di dunia'.

"Saya tidak pernah melihat hal seperti ini seumur hidup saya," kata salah seorang pengunjung, Rina Begum, kepada BBC Bangla.

Ilustrasi

Sapi kecil bernama Rani (Getty Images via BBC)

Howladar membeli Rani tahun lalu dari sebuah peternakan lain di distrik Naogaon, Bangladesh bagian barat laut.

Baca juga: Bangladesh Hapus 'Kecuali Israel' dari Paspornya

Ia mengatakan sapi betina itu menderita kesulitan berjalan dan takut pada sapi-sapi lain di peternakan Shikor Agro, sehingga ia dipisahkan dari kawanan sapi lainnya.

"Ia tidak banyak makan. Ia makan sedikit-sedikit dedak dan jerami dua kali sehari," kata Howladar. "Ia suka berkeliaran di luar kandang dan tampaknya senang ketika kami gendong."

Gelar sapi terkecil di dunia saat ini dipegang oleh Manikyam, di negara tetangga India, yang tinggi badannya 61,1cm dari tapak sampai ke tengkuk.

Howladar berkata kepada BBC bahwa orang-orang dari Guinness Book of Records akan mendatangi peternakannya tahun ini untuk memeriksa apakah Rani layak mendapatkan gelar tersebut.

Ilustrasi

Dengan hanya beberapa minggu menjelang hari raya Idul Adha, muncul pertanyaan apakah Rani akan dijual untuk kurban. Namun pemilik peternakan mengatakan mereka tidak berencana untuk melepasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini