Inggris Hapus Syarat Wajib Karantina Bagi yang Sudah Divaksin COVID-19 Penuh

Antara, Jurnalis · Sabtu 10 Juli 2021 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 09 406 2438300 inggris-hapus-syarat-wajib-karantina-bagi-yang-sudah-divaksin-covid-19-penuh-ZHKhIsOsdK.jpg Kota London, Inggris (visitlondon.com)

INGGRIS berencana beberapa pekan mendatang akan menghapus aturan karantina bagi orang yang tiba dari negara-negara lain dalam keadaan sudah menerima dosis penuh vaksin COVID-19.

Pernyataan tersebut dikatakan oleh Menteri Transportasi Inggris Grant Shapps pada Jumat 9 Juli 2021, satu hari usai dia mengumumkan perubahan peraturan bagi mereka yang berada di Inggris yang telah divaksin penuh.

 Baca juga: Festival Swinger Digelar di Inggris, Tampilkan Penyanyi Bugil dan Demo BDSM

“Kami ingin dapat membuka itu bagi orang-orang. Kami berupaya dengan aktif untuk mencapainya,” kata Shapps pada Sky News.

“Dalam beberapa pekan ke depan saya akan dapat mengatakan lebih banyak tentang lokasi-lokasi lain di dunia.”

 

Dia mengumumkan pada Kamis 8 Juli 2021 bahwa warga Inggris yang telah divaksin penuh dan tiba di negaranya dari negara-negara risiko menengah --dalam daftar kuning-- tak lagi harus melakukan isolasi mandiri saat ketibaan.

Baca juga: Belum Divaksin Covid-19, Warga Inggris ke Portugal Wajib Patuhi Aturan Ini

Shapps mengatakan bahwa proses pengakuan status vaksinasi akan fokus pada negara-negara yang mengelola vaksin yang disetujui WHO, dan mengatakan prosesnya rumit karena setiap negara memiliki sistem sertifikasi yang berbeda.

"Lebih mudah dari Uni Eropa karena mereka membuat paspor digital mereka sendiri, lebih rumit dari negara-negara lain -- AS misalnya yang tidak memiliki sistem digital," kata Shapps dalam wawancara terpisah dengan BBC.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini