Pesona Pantai Banua Patra, Wisata Eksotis di Balikpapan yang Menyimpan Cerita Mistis

Ahmad Haidir, Jurnalis · Jum'at 09 Juli 2021 21:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 09 408 2438155 pesona-pantai-banua-patra-wisata-eksotis-di-balikpapan-yang-menyimpan-cerita-mistis-CkxidVEVUh.jpg Pantai Banua Patra di Balikpapan (Instagram @abisatrio_)

KOTA Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) merupakan wilayah yang banyak dikelilingi oleh perairan dan terkenal akan keindahan pantainya.

Dijuluki sebagai Kota Pelabuhan, Balikpapan punya sejumlah destinasi wisata bahari, salah satunya yang terkenal adalah Pantai Banua Patra.

Selain menawarkan keindahan panorama lautan, Pantai Banua Patra juga dikenal angker bagi masyarakat setempat. Bahkan sebelum memasuki pantai, terdapat papan peringatan bagi para pengunjung.

Baca juga: Wisata Sawah Gunung Mulia, Destinasi Baru untuk Liburan di Tengah Pandemi

Daya Tarik Utama

Saat berkunjung ke pantai, tentu yang menjadi daya tarik utama adalah hamparan pasir pantai serta memandangi indah dan beningnya air laut.

Namun selain kedua hal tersebut, ada berbagai daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Banua Patra yang jarang ditemui di pantai lain.

Saat memasuki area pantai, pengunjung akan langsung dimanjakan dengan pemandangan bebatuan serta rimbunnya pepohonan. Jikalau biasanya pantai identik dengan cuaca yang cukup terik, hal tersebut tidak berlaku di Pantai Banua Patra.

Oleh karena rimbunnya area pantai, pengunjung akan merasakan udara sejuk yang tentunya menambah kenyamanan berwisata.

Selain itu, terdapat satu pohon beringin besar yang bisa dijadikan spot untuk berteduh sambil menikmati view pantai yang indah.

Pantai yang terletak di ujung barat dari kota Balikpapan tersebut juga dikenal akan keberagaman sumber daya hayati nya yakni ikan, sehingga pantai tersebut juga menjadi salah satu destinasi favorit bagi para pemancing.

Lokasi dan Rute Akses Menuju Pantai

Tidak hanya daya tariknya saja yang berbeda dengan kebanyakan pantai pada umumnya, Pantai Banua Patra juga terbilang 'unik' untuk lokasi dan rute akses menuju pantai.

Jikalau kebanyakan pantai berada di area pinggiran kota, namun Pantai Banua Patra justru berada di lokasi yang sangat strategis yakni di jantung kota Balikpapan, tepatnya di area Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan.

Baca juga: Cerita Horor Hantu Kuyang Incar Wanita Hamil di Kampung Donny

Lokasi pantai berdekatan dengan area pelabuhan yang ada di Balikpapan yakni Pelabuhan Semayang dan juga fasilitas umum yang terkenal disana yaitu Lapangan Merdeka.

Oleh karena lokasinya yang dekat dengan area kota tersebut, rute akses nya sangat terjangkau bagi wisatawan yang ingin mengunjungi pantai ini, baik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Misteri Pantai

Terdapat satu pohon beringin besar yang terletak di area pantai yang menjadi salah satu destinasi wisata utama dari Ibukota Kaltim tersebut.

Konon menurut penuturan warga setempat, pohon beringin tersebut terdapat sosok 'penghuni' nya saat malam hari sehingga terkenal angker.

Tidak hanya itu saja, pantai ini juga banyak menelan korban jiwa yang berasal dari pengunjung pantai yang memutuskan berenang di laut nya.

Menurut pengakuan seorang paranormal setempat, hal itu tidak hanya dikarenakan derasnya ombak dan arus air laut, melainkan juga karena laut dari pantai tersebut diyakini memiliki seorang 'penunggu'.

Ilustrasi

Tak Ada Tiket Masuk

Namun anda yang membaca artikel ini jangan khawatir dan lantas mengurungkan niat untuk mengunjungi Pantai Banua Patra tersebut. Selayaknya mengunjungi tempat alam lainnya, pengunjung hanya perlu untuk menjaga keselamatan diri serta kesopanan.

Selain itu, misteri serta keangkeran Pantai Banua Patra tersebut tidak sebanding dengan pengalaman serta daya tarik wisata pantai yang ditawarkan.

Lalu bagi anda yang memutuskan untuk mengunjungi pantai ini, anda bisa langsung saja datang secara cuma-cuma alias gratis. Bahkan tidak hanya itu saja, tidak terdapat tarif parkir kendaraan di pantai ini selayaknya tarif parkir yang terdapat di banyak tempat wisata!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini