10 Gunung dengan Biaya Pendakian Termahal di Dunia, Nomor 4 Milik Indonesia

Fatha Annisa, Jurnalis · Sabtu 10 Juli 2021 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 09 408 2438267 10-gunung-dengan-biaya-pendakian-termahal-di-dunia-nomor-4-milik-indonesia-lEUjdhxosk.jpg Pendakian Gunung Everest di Nepal (Foto Outforia via Euronews.com)

MENCAPAI puncak gunung atau mendaki salah satu keajaiban alam di bumi adalah sesuatu yang membanggakan bagi banyak orang. Keberhasilan mendaki gunung sampai ke puncak akan tetap ada dalam daftar keinginan banyak pelancong pemberani.

Namun, menurut penelitian baru oleh Outforia, tampaknya tantangan fisik bukan satu-satu halangan seseorang tidak jadi menggapai mimpinya untuk sampai di puncak gunung-gunung raksasa.

Baca juga: 6 Puncak Gunung Paling Memesona di Dunia

Melansir Euro News, Sabtu (10/7/2021), penelitian itu menyebutkan mendaki beberapa puncak paling aspiratif di dunia memerlukan biaya hingga 70.921 euro atau sekira Rp1,2 miliar) untuk satu perjalanan.

Mempertimbangkan biaya bergabung dengan grup pendakian berpemandu, serta berapa banyak peralatan yang diperlukan untuk dibeli atau disewa (jika memungkinkan), Outforia telah membuat daftar 10 gunung termahal di dunia untuk didaki :

1. Gunung Everest, Nepal

Tidak mengherankan bahwa puncak tertinggi dan pendakian paling terkenal di dunia, Gunung Everest, menempati urutan teratas. Tapi, yang mungkin lebih mengejutkan adalah harganya.

Ilustrasi

Gunung Everest (Shutterstock)

Dengan biaya perjalanan ke Everest hingga €70.921 atau sekitar Rp1,2 miliar, pendaki baru bisa sampai ke puncaknya.

Untuk memasukkan ini ke dalam konteks, gaji tahunan rata-rata untuk seseorang di Eropa adalah € 20.340 (Rp350,1 juta), maka satu perjalanan ke Gunung Everest setara dengan gaji tiga setengah tahun.

2. Gunung Vinson, Antartika

Terletak di salah satu benua yang paling sulit dipahami, Gunung Vinson di Antartika adalah salah satu puncak yang lebih mudah untuk dilalui.

Namun, dengan biaya transportasi dan kebutuhan pemandu untuk membantu menavigasi medan yang unik, Anda perlu membayar kembali hingga €39.317 atau setara dengan Rp676,7 juta. Tapi setidaknya, itu setengah lebih murah dari biaya mendaki Gunung Everest.

3. Cho Oyu, Tibet

Cho Oyu, yang berarti 'Dewi Pirus' dalam bahasa Tibet, adalah gunung tertinggi keenam di dunia, dan terletak di tepi perbatasan antara China dan Tibet.

Baca juga: 5 Tips Buat Perempuan yang Baru Naik Gunung

Dengan sejarah panjang longsoran, kegagalan teknis, dan kecelakaan fatal, pendaki harus membayar dalam jumlah cukup besar untuk memastikan mendapat perjalanan yang aman. Biayanya diperkirakan sekitar €28.420 atau Rp489,2 juta.

4. Puncak Jaya, Indonesia

Puncak Jaya di Papua adalah puncak tertinggi dari negara kepulauan mana pun. Ketinggiannya mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut dan di sekitarnya terdapat gletser Carstensz, satu-satunya gletser tropika di Indonesia.

Harga yang harus dibayarkan pun sama tingginya, yakni €23.136 atau Rp398,2 juta untuk perjalanan ke puncak.

Ilustrasi

5. Denali, Amerika Serikat

Puncak tertinggi di Amerika Utara, nama gunung ini baru saja diubah dari Mount McKinley menjadi nama aslinya, Denali. Nama tersebut diberikan oleh penduduk asli Koyukon yang mendiami gunung tersebut selama berabad-abad.

Berdiri di ketinggian 6190 meter, perjalanan mendaki puncak bersalju ini kemungkinan akan menelan biaya sekitar €10.187 (Rp175,3 juta).

6. Monte San Lorenzo, Argentina

Di perbatasan antara Argentina dan Chili terdapat Monte San Lorenzo. Gunung ini menjadi yang terkecil dalam daftar. Tapi bukan berarti biaya yang dibutuhkan untuk menyentuh puncaknya bisa dikatakan murah. Pendaki butuh € 7768 (Rp133,7 juta) untuk satu perjalanan.

7. Mera Peak, Nepal

Sebuah negara yang terkenal dengan pemandangan mengesankan dan cuaca ekstrim, Puncak Mera di Nepal berdiri di ketinggian 6.476 meter di atas permukaan laut.

Ilustrasi

Pendaki dapat melihat lima gunung tertinggi ketika berdiri di puncak sana. Namun, untuk dapat menyaksikan pemandangan yang luar biasa tersebut, pendaki perlu merogoh kocek sekitar sebesar €7.587 (Rp130,6 juta).

8. The Eiger, Swiss

Puncak yang kurang dikenal ini merupakan bagian dari Pegunungan Alpen Bernese Swiss. Tingginya mencapai 3.967 meter di atas permukaan laut.

Terlepas dari statusnya yang lebih rendah, mendaki Eiger memerlukan biaya yang besar dan stamina kuat. Pendaki diperkirakan membayar total €7.135 (Rp122,8).

9. Aconcagua, Argentina

Diyakini sebagai salah satu puncak gunung paling mematikan di Amerika Selatan, Aconcagua bukan untuk orang yang lemah hati. Dengan ketinggian hampir 7.000 meter dan biaya €7.078 (Rp121,8 juta), para pendaki membutuhkan keberanian dan saldo bank yang besar untuk mencapai puncak puncak ini.

Ilustrasi

Ilustrasi mendaki gunung (Okezone)

10. The Matterhorn, Swiss

Berdiri di ketinggian 4.478 meter di atas permukaan laut, Matterhorn Swiss adalah salah satu puncak paling terkenal di Pegunungan Alpen dan dikenal dengan bentuk segitiganya yang hampir sempurna.

Namun, dengan ketenaran tersebut tentunya datang pula harga yang lumayan tinggi. Outforia memperkirakan biayanya sekitar € 6.924 (Rp119,1 juta) per pendakian.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini