Liburan Batal, Ini 4 Cara Memberi Tahu Anak Agar Tak Kecewa

Firziana Zahra, Jurnalis · Minggu 11 Juli 2021 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 10 406 2438703 liburan-batal-ini-4-cara-memberi-tahu-anak-agar-tak-kecewa-Iy23Rs0lDB.jpg Ilustrasi (Getty Images via Mirror)

MEMBATALKAN liburan adalah pengalaman yang menegangkan dan mengecewakan. Bagi orang tua, ada tekanan tambahan karena harus menjelaskan kepada anak-anaknya bahwa perjalanan yang sudah mereka nantikan tidak akan berlanjut.

Ini bisa menjadi situasi yang sulit, terutama jika anda memiliki anak kecil yang tidak mengerti mengapa mereka tidak jadi pergi ke kolam renang atau menghabiskan waktu bersenang-senang dengan ibu dan ayah jauh dari rumah.

Baca juga: Ngebet Mau Liburan? Ini 3 Tips Liburan Aman dan Hemat Selama Pandemi

Sayangnya, pandemi telah membuat jutaan orang harus membatalkan perjalanan karena adanya lockdown. Banyak juga terjadi ketidakpastian bagi yang sudah memesan tiket atau merencanakan sebuah perjalanan.

Melansir dari Mirror, Minggu (10/7/2021), Dr Lucy Davey, mantan psikiater dan pelatih wanita profesional membagikan kiat-kiat terbaiknya bagaimana memberi tahu anak-anak jika liburan dibatalkan, tanpa membuat mereka kecewa :

Siapkan rencana cadangan

Jika Anda mendapatkan uang kembali atau mampu memesan liburan lain sambil menunggu pengembalian dana, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memesan liburan alternatif.

Pilih waktu yang tepat

Memilih waktu yang tepat dapat membuat perbedaan antara situasi yang ditangani dengan baik, dan kehancuran total.

Baca juga: Tips Packing Efektif ala Pramugari, Muat Banyak & Antiribet

Dr Davey menyarankan: "Cobalah untuk tidak memberi tahu anak-anak ketika mereka lelah dan pastikan ada cukup waktu setelahnya untuk memproses informasi dan mengajukan pertanyaan."

Kejujuran adalah kebijakan terbaik

Anda tidak perlu membahas semua detailnya, tetapi jelaskan kepada anak-anak bahwa rencananya harus berubah, dan situasinya di luar kendali Anda.

"Mengajarkan ketahanan pada usia dini sangat penting," kata Dr Davey.

Dia menambahkan bahwa Anda dapat menggunakannya sebagai "kesempatan untuk mengajari mereka bagaimana bergerak maju secara positif dalam menghadapi rintangan atau kekecewaan".

Bergerak cepat

Tidak ada gunanya menggosok garam di luka, jelaskan situasinya, dan kemudian saatnya untuk bergerak maju.

Ilustrasi

Dr Davey memperingatkan: "Cobalah untuk menghindari murung dan merasa sedih tentang liburan Anda karena anak-anak akan menangkap getaran negatif Anda. Cobalah untuk mengingat bahwa ada banyak hal untuk disyukuri dan itu dapat membawa sukacita bagi Anda. hari. Fokus pada saat ini daripada merenungkan apa yang mungkin terjadi."

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini