Semeru hingga Rinjani, Ini Deretan Gunung dengan Sabana Terindah di Indonesia

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 10 Juli 2021 18:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 10 408 2438611 semeru-hingga-rinjani-ini-deretan-gunung-dengan-sabana-terindah-di-indonesia-ERvtglQckm.jpg Bukit Dandaun di Sembalun lereng Gunung Rinjani, Lombok Timur, NTB (pedomanwisata.com)

INDONESIA merupakan negara tropis yang memiliki gunung-gunung yang indah dan sebagian di antaranya jadi destinasi wisata yang sering didaki para traveler pencinta alam.

Mendaki gunung adalah pengalaman menyenangkan, karena bisa menyaksikan dan menikmati langsung keindahan alam semesta dari ketinggian. Beberapa spot yang paling diburu pendaki adalah sabana atau padang rumput.

Baca juga:  5 Spot Terbaik Menikmati Bunga Edelweis di Indonesia, Nomor 3 Favorit Soe Hoek Gie

Dikutip dari akun Instagram @mountnesia, Sabtu (10/7/2021), berikut ini tiga gunung dengan sabana terindah yang tidak akan pernah menyesal dikunjungi di Indonesia.

Gunung Sumbing via Bowongso

Jalur pendakian ini sering digunakan oleh para pendaki yang akan menuju Gunung Sumbing, yaitu disebut jalur Garung.

Ilustrasi

Gunung Sumbing (Foto Instagram @van.chariel)

Akan tetapi apabila Anda ingin mekihat pemandangan yang lebih menarik, bisa menggunakan jalur Bowongsi ini untuk jadi pilihan.

Terdapat pemandangan savana yang cantik, menarik dan memesona. Ini merupakan jalur sisi barat daya untuk menuju ke Puncak Sumbing. Padang sabana via Bowongso akan nampak sangat eksotis di sore hari.

Baca juga:  10 Gunung dengan Biaya Pendakian Termahal di Dunia, Nomor 4 Milik Indonesia

Lokasi Gunung Sumbing tepatnya berada di Jawa Tengah, menjadi gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru dan Gunung Slamet.

Gunung Rinjani via Sembalun

Gunung Rinjani memiliki beberapa jalur pendakian resmi, di antaranya jalur Senaru, Sembalun dan Torean. Satu di antara tiga jalur tersebut yang memiliki pemandangan sabana adalah jalur Sembalun.

 Ilustrasi

Jalur Sembalun ini merupakan pintu pendakian menuju puncak Gunung Rinjani dari arah timur. Sabana di kawasan ini terbentang dari 0 km sampai mendekati pos 3 (kurang lebih 6km).

Menariknya lagi, pemandangan sabana di jalur Sembalun ini merupakan yang terbaik di dunia. Sebab memiliki keunikannya sendiri. Lokasi Gunung Rinjani berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Gunung Semeru Oro-Oro Ombo

Selanjutnya sabana terindah lainnya ada di Gunung Semeru. Salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan padang sabana di gunung satu ini adalah Oro-Oro Ombo.

 Ilustrasi

Letaknya di antara jalur pendakian Ranu Kumbolo - Kalimati. Oro-Oro Ombo sendiri memiliki makna padang rumput yang luas. Tak tanggung-tanggung, luasnya sampai 100 hektare.

Padang sabana ini didominasi oleh tumbuhan Verbena Brasiliensis yang mirip dengan bunga Lavender. Lokasi Gunung Semeru berada di Jawa Timur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini