Mulai 26 Juli, Warga Jepang Bisa Pakai Paspor Vaksinasi COVID-19 untuk ke Luar Negeri

Firziana Zahra, Jurnalis · Selasa 13 Juli 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 12 406 2439494 mulai-26-juli-warga-jepang-bisa-pakai-paspor-vaksinasi-covid-19-untuk-ke-luar-negeri-BUtV9OGOml.jpg Kota Tokyo, Jepang (Pexel)

PEMERINTAH Jepang akan mengeluarkan paspor vaksinasi COVID-19 gratis, untuk memfasilitasi warganya yang sudah divaksin bepergian ke luar negeri. Paspor tersebut nantinya akan menampilkan identitas pribadi pemilik serta informasi vaksin yang diberikan, tanggal dan lokasi vaksinasi.

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang, Katsunobu Kato mengatakan dalam konferensi pers di Tokyo, Senin 12 Juli 2021, bahwa paspor vaksinasi mulai diterbitkan pada 26 Juli 2021 dalam bentuk kertas, sedangkan dalam bentuk digital sedang dipertimbangkan.

Baca juga:  Daftar Negara dengan Paspor Terkuat di Dunia 2021, Indonesia Nomor 68

Melansir Hindustan Times, warga bisa mengajukan permohonan paspor tersebut di kota tempat tinggalnya saat mendapatkan vaksin.

Federasi Bisnis Jepang, Keidanren menyarankan penggunaan sertifikat vaksin untuk meningkatkan batas kehadiran acara dan untuk diskon restoran di Jepang.

 

Sertifikat vaksinasi COVID-19 juga sudah diperkenalkan di Uni Eropa dan ASEAN untuk pelancong internasional dari negara-negara anggota mereka.

Baca juga: Uniknya Pesawat Bertema Pikachu, Bikin Gemes!

Jepang sedang meningkatkan vaksinasi. Program ini dimulai pada Februari 2021 yang diawali dari petugas kesehatan kemudian diperluas ke warga berusia 65 tahun ke atas mulai April.

Baru-baru ini, vaksinasi menyasar orang di bawah 65 tahun. Perusahaan juga dapat menerapkan vaksin untuk karyawan mereka.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini