Wisata ke Taman Sungai Mudal Yogyakarta, Bisa Main Air hingga Naik Flying Fox Loh!

Fatha Annisa, Jurnalis · Selasa 13 Juli 2021 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 12 408 2439570 wisata-ke-taman-sungai-mudal-yogyakarta-bisa-main-air-hingga-naik-flying-fox-loh-e8JZ2C7pPF.JPG Wisata ke Taman Sungai Mudal Yogyakarta (Foto: Instagram/@funny_cello)

WISATA ke Taman Sungai Mudal Yogyakarta menjadi cara sebagian orang menghabiskan waktu libur. Pesona alam yang menawan serta harga tiket masuk terjangkau membuat masyarakat memfavoritkan ekowisata ini.

Lokasinya berada di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Sekitar 32 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta atau sekitar satu jam perjalanan. Tak seperti kebanyakan wisata alam, Taman Sungai Mudal sudah memiliki akses jalan yang baik dan dapat dilewati dengan motor dan mobil.

Hanya dengan membayar Rp10.000 per orang, pengunjung akan disuguhkan sebuah kolam pemandian. Airnya berwarna biru dan sangat jernih karena bersumber langsung dari mata air alami yang berasal dari sebuah goa.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata di Yogyakarta yang Bikin Kangen, Mana Favoritmu?

Di sana, pengunjung dapat berenang atau sekadar duduk di tepiannya sambil bermain air. Terdapat pula jembatan bambu yang sudah disediakan pihak pengelola untuk memudahkan akses jalan pengunjung.

Jembatan tersebut juga kerap kali menjadi spot foto karena berhadapan langsung dengan panorama alam Taman Sungai Mudal yang indah.

Sekeliling kolam dipenuhi pepohonan rindang yang membuat suasana menjadi begitu asri. Hamparan hijaunya menyegarkan mata para pengunjung dan membuat udara menjadi sejuk. Ekowisata ini digadang-gadang sangat cocok menjadi tempat liburan bersama keluarga.

Keseruan berlibur di Taman Sungai Mudal tidak berhenti sampai di sana. Selain berendam dalam kolam pemandian, masih banyak hal yang bisa dilakukan seperti bermain flying fox dan berburu foto dengan latar panorama mengesankan. Tersedia juga camping area bagi pengunjung yang ingin bermalam di sana.

Taman Sungai Mudal mulanya hadir dari buah pikiran masyarakat setempat. Saat itu mereka tengah membersihkan saluran mata air yang bersumber dari sebuah gua.

Sadar akan potensi wisata yang dimiliki, warga sekitar memutuskan untuk mengembangkannya menjadi objek wisata. Sementara itu, nama Mudal sendiri merujuk pada kondisi air yang selalu melimpah dan jernih hingga mampu bermanfaat untuk masyarakat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini