Ketatnya Syarat Pramugari, dari Ujung Kepala hingga Kaki Jadi Penilaian

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Selasa 13 Juli 2021 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 13 406 2439718 ketatnya-syarat-pramugari-dari-ujung-kepala-hingga-kaki-jadi-penilaian-5Ricx0Sahz.JPG Ilustrasi (Foto: Reuters)

SEORANG pramugari menjadi viral di TikTok setelah menjelaskan realitas pekerjaan yang ketat - termasuk aturan tentang penampilan setiap karyawan - dan bahkan membandingkannya dengan berada di militer.

Seorang TikToker Kat Kamalani menjelaskan dalam video mengenai persyaratan menjadi seorang pramugari sebagaimana dilansir Okezone dari situs Indy100.

“Jadi apa yang kebanyakan orang tidak tahu adalah bahwa Anda harus mengikuti pedoman yang sangat ketat ketika Anda menjadi pramugari, maskapai Anda dapat mendikte segalanya (dinilai) mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki tentang penampilan Anda. Jadi warna kuku Anda, warna rambut Anda, warna bibir Anda, rias wajah Anda, penampilan sepatu Anda, tas Anda, semuanya,” kata Kat.

Kat menguraikan dengan mengingat waktu ia dalam pelatihan menjadi pramugari.

Baca juga: Cantiknya Pramugari Khoirunnisa Lagi Berenang, Sampai Dikira Netizen Nora Alexandra

“Ketika saya dalam pelatihan, mereka memiliki seluruh tim yang didedikasikan untuk mengecek penampilan Anda dan memastikan Anda tepat sasaran. Anda tidak boleh memiliki tato yang terlihat, mengecek panjang gaun atau seragam Anda, cara Anda mengikat busur yang mana itu sangat ketat. Saya bersumpah bahwa saya merasa seperti berada di militer karena betapa ketatnya mereka," ungkap wanita asal Amerika Serikat ini.

TikToker itu juga menjelaskan bahwa seorang pramugari bisa mendapat masalah besar jika memiliki manajer di bandara yang "melihatnya keluar dari pedoman" tersebut.

"Jadi, menjadi pramugari itu sangat ketat dalam menjaga penampilan Anda," imbuh Kat.

Orang-orang yang melihat video tersebut kemudian membagikan pemikiran mereka tentang pedoman ketat di kolom komentar.

Satu orang menulis: “Sama untuk bekerja di bandara untuk maskapai penerbangan. Saya harus memakai sepatu hak setiap saat, cat kuku tertentu diperbolehkan, rambut harus dirapikan, daftarnya terus berlanjut,” sebut salah satu netizen.

“Ini tidak mengejutkan, ini adalah bisnis yang dijalankan oleh para profesional. Anda adalah seorang profesional yang mewakili perusahaan maskapai penerbangan,” tambah netter lainnya.

“Saya kaget ketika keponakan saya menjalani pelatihan untuk menjadi pramugari!” timpal warganet.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini