3 Kendaraan Ini Bebas Masuk Jalur TransJakarta selama PPKM Darurat, Apa Saja?

Firziana Zahra, Jurnalis · Selasa 13 Juli 2021 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 13 406 2439809 3-kendaraan-ini-bebas-masuk-jalur-transjakarta-selama-ppkm-darurat-apa-saja-G6vYcqVE0f.JPG Mobil ambulans termasuk kendaraan yang diizinkan lintasi jalur Bus TransJakarta selama PPKM Darurat (Foto: Okezone.com/Arif Julianto)

JALUR khusus bus Transjakarta bisa digunakan oleh sejumlah kendaraan tertentu selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang berlangsung hingga 20 Juli 2021.

Berdasarkan Surat Keputusan Nomor 282 Tahun 2021, pada poin ketujuh disebutkan bahwa jalur khusus Bus Transjakarta bisa dilintasi oleh tiga angkutan yakni ambulans, mobil jenazah dan mobil pengangkut tabung oksigen.

"Jalur khusus Bus TransJakarta dapat dimanfaatkan bersama oleh ambulans, mobil jenazah dan mobil pengangkut oksigen dengan tetap memperhatikan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan," demikian bunyi surat keputusan itu, dikutip dari akun Instagram, @dishubdkijakarta.

Surat Keputusan itu diteken langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo pada 9 Juli 2021 lalu.

Baca juga: Catat! Begini Aturan Terbaru Naik Kapal ke Kepulauan Seribu

Jalur Transjakarta

(Foto: Okezone.com)

Meski ketiga kendaraan tersebut diberi kelonggaran, namun Pemprov DKI Jakarta melarang iring-iringan ambulans atau mobil jenazah ikut masuk melintasi jalur TransJakarta.

"Jalur khusus bus Transjakarta hanya dapat dimanfaatkan bersama oleh ambulans atau mobil jenazah tanpa iring-iringan kendaraan lainnya," tegas keputusan tersebut.

Sebelumnya, para penumpang transportasi umum, pekerja, pengemudi ojek maupun dan taksi online diwajibkan membawa Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) setiap kali keluar-masuk wilayah Jakarta.

Adapun perjalanan yang diizinkan selama masa PPKM Darurat ialah hanya mereka yang bekerja pada sektor esensial dan kritikal demi menekan mobilitas masyarakat di tengah melonjaknya kasus Covid-19 di Ibu Kota.

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini