Mengenal Maqam Nabi Ibrahim, Tempat Berpijak sang Rasul saat Membangun Kakbah

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 13 Juli 2021 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 13 408 2439912 mengenal-maqam-nabi-ibrahim-tempat-berpijak-sang-rasul-saat-membangun-kakbah-JzbKu6bYkb.jpg Maqam Nabi Ibrahim di Masjidil Haram (Foto Haramain)

MAQAM Ibrahim menjadi salah satu tempat yang tak boleh dilewatkan oleh jamaah haji atau umrah. Letaknya persis di depan Kakbah, Masjidil Haram di Kota Makkah, Arab Saudi. Namun tempat ini bukanlah tempat peristirahatan terakhir Nabi Ibrahim.

Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin mengatakan, Maqam Nabi Ibrahim merupakan tempat berdirinya Nabi Ibrahim ketika membangun Kakbah bersama putranya Ismail.

"Ini bukan makam atau tempat dikuburkan Nabi Ibrahim A’laihi Salam. Tapi tempat beliau berpijak," ujarnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia.

 Foto Baru Maqam Ibrahim Dirilis, Jejak Kaki Sang Nabi Terlihat Jelas

Di tempat ini terdapat jejak kaki Nabi Ibrahim, saat ia berdiri akan membangun Kakbah. Di mana kini, Kakbah merupakan kiblat umat Islam seluruh dunia.

 Ilustrasi

Petugas membersihkan Maqam Nabi Ibrahim (Arabnews.com)

Ketika akan membangun Kakbah, temboknya terlalu tinggi. Maka Nabi Ibrahim menggunakan batu sebagai pijakannya, dan jejaknya kakinya itu pun tertinggal.

Maqam Nabi Ibrahim diabadikan dan dipercantik dengan menggunakan bingkai yang terbuat dari emas, kaca, dan perak. Apabila diperhatikan mirip dengan menara berukuran kecil.

Mulanya Maqam Ibrahim ini amat dekat dengan Kakbah. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu kemudian menjauh beberapa meter dari Kakbah pada masa Umar bin Khattab.

Kemudian pada masa selanjutnya, batu yang merupakan jejak peninggalan Nabi Ibrahim itu, dikelilingi oleh perak. Sehingga jejaknya itu tetap terjaga, dan abadi hingga saat ini.

Ilustrasi

Kakbah di Masjidil Haram (Twitter @hasharifain)

Sementara itu beberapa waktu lalu, Pemerintah Arab Saudi merilis foto terbaru batu jejak Nabi Ibrahim. Sebelumya, tak ada seorang pun yang tahu penampakan jelasnya.

Baca juga:  Balikli Gol, Konon Jadi Tempat Nabi Ibrahim Dibakar Hidup-Hidup

Presidensi Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, menangkap detail Maqam Ibrahim dengan teknik baru fotografi yang menggunakan fokus panorama bertumpuk. Teknik tersebut menghasilkan satu gambar dengan resolusi tertinggi.

Menurut informasi, bentuk bingkai jejak kaki Nabi Ibrahim adalah persegi. Sementara bentuk kakinya terdapat dua lubang berbentuk oval di tengahnya.

Saking istimewanya, Maqam Ibrahim ini disebutkan dalam Alquran, Surat Al Baqarah ayat 125. Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

"Dan (ingatlah) ketika Kami menjadikan rumah itu (Baitullah) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman. Dan ja¬dikanlah sebagian maqam Ibrahim tempat salat." (QS. Al Baqarah: 125).

Biasanya, para jamaah akan melakukan shalat sunnah dan berdoa dengan khusyuk di depan Maqam Nabi Ibrahim.

Bagi Anda yang telah terpanggil menjadi tamu Allah,bisa menemukan Maqam Ibrahim di depan Gerbang Kakbah, 10 hingga 11 meter sebelah timur Kakbah, di bagian yang mengarah ke Safa dan Marwah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini