Mengenal Benteng Amber, Lokasi 11 Wisatawan Tewas Disambar Petir saat Berswafoto

Firziana Zahra, Jurnalis · Selasa 13 Juli 2021 21:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 13 408 2439956 mengenal-benteng-amber-lokasi-11-wisatawan-tewas-disambar-petir-saat-berswafoto-5ik7R0SMrn.jpg Menara pengintai Benteng Amber di Jaipur, India (Reuters)

SEBELAS wisatawan tewas disambar petir saat berwsafoto di puncak menara pengintai Amber Fort atau Benteng Amber di Jaipur utara, India, pada Minggu 11 Juli 2021. Sejumlah orang lainnya luka-luka. Mereka disambar petir saat berfoto ria di tengah hujan.

Benteng Amber merupakan destinasi wisata sejarah terkenal di Jaipur. Letak bangunan adab ke 12 tersebut di puncak bukit kota Amer, menghadap ke danau Maota, sehingga menawarkan pemandangan eksotis.

Baca juga:  Macan Tutul Nyelonong Masuk Kantin Sekolah, Evakuasi Makan Waktu 4 Jam

Benteng Amber dibangun oleh Raja Man Singh I pada 1592 Masehi. Awalnya, tempat ini adalah rumah bagi keluarga kerajaan Rajput hingga kota Jaipur selesai dikonstruksi.

Tempat ini punya sejumlah istana yang luar biasa indah, aula, taman, dan kuil. Bangunan dengan perpaduan unsur Hindu dan Mughal ini adalah mahakarya dari arsitektur Rajputana.

Bagian dalam bangunan ini dipenuhi hasil karya menakjubkan yang dibuat begitu indah dan rumit. Pintu gerbang benteng ini dapat dicapai dengan berjalan mendaki bukit, mengendarai jeep, atau dengan naik gajah.

Baca juga: Spesies Tanaman Baru Ditemukan Hidup di Lapisan Es Antartika

Namun, peristiwa tragis terjadi pada Minggu lalu, menewaskan 11 wisatawan. Mereka disambar petir saat berswa foto di tengah hujan di puncak menara pengintai Benteng Amber.

Menurut laporan BBC, 27 orang berada di menara dan dinding benteng ketika insiden terjadi. Beberapa yang terluka disebabkan mereka langsung terjun ke tanah.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini