5 Makanan Khas Nusantara dengan Nama Nyeleneh, Kerupuk Melarat hingga Sate Lalat

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 15 Juli 2021 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 14 301 2440707 5-makanan-khas-nusantara-dengan-nama-nyeleneh-kerupuk-melarat-hingga-sate-lalat-kLr741vtdQ.jpg Sate lalat (linekur.wordpress.com)

INDONESIA punya banyak sekali kuliner khas dari berbagai daerah yang rata-rata terbuat dari olahan bahan alami dari alam. Rasanya juga beragam. Namun, sebagian di antaranya punya nama yang unik bahkan nyeleneh.

Nah, berikut beberapa nama makanan yang aneh, tapi memiliki cita rasa yang tidak mengecewakan :

Kerupuk melarat

Kerupuk Melarat. Jika didengar dari namanya, nasib kerupuk ini sungguh sangat tragis. Apa kerupuk ini dibuat oleh orang yang sedang melarat?

Baca juga: Liburan ke Kepri, Jangan Lupa Cicipi 7 Kuliner Khas Ini

Jangan salah, makanan ini tidak seperti yang kita bayangkan. Bahan dasar dari kerupuk khas Cirebon ini digoreng tidak menggunakan minyak, tapi menggunakan pasir.

Ilustrasi

Kerupuk melarat (Istimewa)

Pasir yang digunakan dibersihkan terlebih dahulu, melalui proses pengeringan dan diayak berulang kali. Kemudian pasir tersebut dipanaskan di atas bara api yang membara. Maka dari itu, makanan ini disebut dengan kerupuk melarat.

Bagaimana dengan rasanya ? Rasa dari kerupuk ini gurih dan renyah, dengan bentuk tak karuan disertai warnanya yang berbagai macam. Lebih mantap, jika kerupuk satu ini dimakan dengan sambal kecap.

Rawon Setan

Rawon setan sebenarnya sama dengan kebanyakan rawon lainnya. Makanan sejenis sup daging yang diberi bumbu spesial, dengan bahan kluwek atau dalam bahasa Sunda disebut Pucung. Yang membedakan adalah, rawon setan ini hanya dijual diatas jam 10 malam.

Ilustrasi

Pada jam tersebut biasanya manusia sedang tertidur pulas, sedangkan konon setan - setan keluar bergentayangan.

Makanan khas Surabaya ini paling cocok disantap dengan nasi putih panas. Apalagi saat musim hujan tiba, rawon setan akan membantu menghangatkan tubuh Anda.

Nasi Kucing

Nama nasi kucing sebenarnya bukan makanan untuk hewan berkumis itu. Makanan ini disebut nasi kucing karena, porsinya yang sedikit seperti untuk memberi makan kucing. Meskipun namanya memang aneh, tapi makanan khas masyarakat Jawa ini rasanya cocok dengan lidah Anda.

 Baca juga: 4 Kuliner Lezat Khas Lampung, Mana Kesukaanmu?

Biasanya nasi kucing disajikan dengan ikan, tempe, sambal, lalu dibungkus daun pisang. Harganya pun sangat murah, cukup untuk sekadar mengganjal perut Anda yang terlewat lapar.

Untuk menikmati nasi kucing ini, Anda tidak perlu jauh - jauh pergi ke daerah Jawa Tengah. Makanan bisa dicari di beberapa angkringan sekitar daerah Anda.

Bika Ambon

Bika Ambon, merupakan kue khas Kota Medan, Sumatera Utara. Tapi, kenapa dinamakan bika Ambon? Menurut cerita yang beredar, kue ini diberi nama Bika Ambon karena pada saat itu pertama kali dijual dan populer di Simpang Jalan Ambon, Sei Kera, Medan.

Bika Ambon ini bermula terinspirasi dari kue khas Melayu, yaitu Bika atau Bingka. Dan kemudian dimodifikasi dengan bahan pengembang berongga.

 Ilustrasi

Sate Lalat

Tak sedikit yang beranggapan jika sate ini terbuat dari lalat sungguhan? Sebenarnya sate ini terbuat dari daging sapi, kambing atau ayam yang dipotong kecil - kecil hingga menyerupai lalat.

Sate jenis ini mungkin masih sulit ditemukan di daerah selain Madura. Karena jika berkunjung ke Madura, hampir di sepanjang jalan Anda akan menemukan sate lalat ini. Dalam bahasa Madura biasa disebut sate laler atau yang berarti lalat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini