Bentuknya seperti Tulang, Benda Ini Ternyata Alat Musik Berusia 8.500 Tahun

Aliefa Khaerunnisa Salsabila, Jurnalis · Rabu 14 Juli 2021 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 14 406 2440378 bentuknya-seperti-tulang-benda-ini-ternyata-alat-musik-berusia-8-500-tahun-MLd3zyviSS.JPG Alat musik kuno berusia 8.500 tahun ditemukan di Turki (Foto: IHA Photo)

PARA arkeolog Turki semakin gencar melacak jejak sejarah masa lalu. Mulai artefak dan fosil berusia ribuan tahun berhasil ditemukan. Salah satunya ialah alat musik kuno yang satu ini.

Alat musik tersebut berbahan tulang diduga dari kehidupan 8.500 tahun silam. Benda itu ditemukan di situs penggalian di lingkungan Bahçelievler, barat laut provinsi Bilecik.

Disebutkan bahwa temuan itu mungkin merupakan alat musik pertama yang diketahui ditemukan di Anatolia.

Sebelumnya, seorang warga memberitahu Museum Arkeologi Bilecik tentang beberapa potongan keramik yang ia lihat di lapangan kosong di lingkungan itu.

Baca juga: Segonbad, Makam Kuno Peninggalan Seljuk di Negeri Seribu Mullah

Penggalian lantas dimulai di daerah itu dengan dukungan dari Kantor Gubernur dan Rektorat Universitas Bilecikeyh Edebali (BŞEÜ).

Sebanyak 11 kerangka manusia yang berasal dari 9.000 tahun yang lalu dan biji-bijian seperti gandum einkorn, gandum emmer, barley, lentil dan soba ditemukan selama penggalian berlangsung.

Selain itu, para arkeolog juga menemukan benda tulang yang terlihat seperti seruling atau peluit selama bekerja. Dosen pada Departemen Arkeologi BŞE, Prof Erkan Fidan menjelaskan bahwa instrumen itu memiliki dua lubang di satu sisi dan satu di sisi lainnya. Lubang-lubang tersebut berdiameter lebih kecil dari satu centimeter.

“Setelah restorasi dan analisis cetak pada objek, kami berencana memulai proyek untuk memainkan instrumen itu,” kata Fidan, melansir Daily Sabah.

Ia juga mencatat bahwa instrumen semacam ini sebenarnya sangat umum di Turki. Seorang akademisi, Mahmud Kashgari menamakan alat musik tiup ini sebagai 'tütek' dalam 'The Diwan Lughat al-Turk' yakni sebuah kamus komprehensif pertama berbahasa Turki.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini