Lebih 2 Tahun Lehernya Terjerat Cincin Plastik, Anjing Laut Ini Akhirnya Diselamatkan

Aliefa Khaerunnisa Salsabila, Jurnalis · Kamis 15 Juli 2021 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 14 406 2440604 lebih-2-tahun-lehernya-terjerat-cincin-plastik-anjing-laut-ini-akhirnya-diselamatkan-OUBISejyTc.jpg Anjing laut Nyonya Vicar terjerat cincin plastik di leher saat ditemukan di pantai Horsey, Inggris (PA Wire/Indy100.com)

SEEKOR anjing laut liar yang ditemukan di pantai Horsey, Norfolk, Inggris dalam kondisi lehernya terjerat cincin plastik, kini sudah dinyatakan sehat setelah tiga bulan dirawat. Anjing laut yang dijuluki Nyonya Vicar itu sudah dilepaskan kembali ke alam, pada Selasa 13 Juli 2021.

Anjing laut itu sebelumnya diselamatkan oleh sukarelawan di pantai Horsey. Kemudian pada April, dibawa ke Pusat Margasatwa East Winch RSPCA dekat King's Lynn untuk dilepaskan cincin plastik yang menjerat lehernya lalu dirawat.

Baca juga:  Heboh, Siswa Ini Ngaku Menangkap UFO Besar yang Melayang di Pantai

Cakram plastik yang tersangkut di leher hewan tersebut bisa membunuhnya jika ia tumbuh lebih besar, sehingga penyelamat serius berupaya melepaskannya.

Melansir dari Indy100, Kamis (14/7/2021), akibat terjerat cincin plastik kaku selebar 2,5 cm yang diduga digunakan dalam pipa skala besar tersebut, anjing laut Nyonya Vicar mengalami luka infeksi di leher sedalam 7 cm.

Seorang juru bicara RSPCA mengatakan itu adalah cedera terburuk yang pernah dialami.

 

Nyonya Vicar dimandikan dengan air asin untuk membantu menyembuhkan lukanya. Setelah tiga bulan dirawat di pusat margasatwa, anjing laut itu pun dilepasliarkan ke Sungai Nene di Jembatan Sutton di Lincolnshire, Inggris. Dari sungai itu, ia dapat kembali ke Laut Utara.

Anjing laut abu-abu dewasa itu sudah dua tahun lebih terjerat cangkram plastik di lehernya. Hewan itu akhirnya ditangkap di pantai Horsey pada Minggu Paskah.

Baca juga:  Festival Swinger Digelar di Inggris, Tampilkan Penyanyi Bugil dan Demo BDSM

Relawan penyelamat dari Friends of Horsey Seals menangkapnya dan dokter hewan mengeluarkan plastiknya.

“Luka di leher Nyonya Vicar akan selalu sangat terlihat dan merupakan pengingat yang menyedihkan tentang seberapa banyak kerusakan plastik di laut kita dapat menyebabkan alam. Para dokter hewan dan staf di East Winch telah bekerja sangat keras untuk merehabilitasi anjing laut khusus ini sehingga suatu hari dia dapat dikembalikan ke alam liar,” kata Ben Kirby, manajer pusat sementara di RSPCA East Winch.

Menurut Ben, bekas luka di leher anjing laut tersebut akan selalu ada.

"Air garam akan terus menyembuhkan lehernya. Dia sekarang memiliki berat badan yang sehat dan kami telah melakukan semua yang kami bisa untuknya – sekarang terserah padanya,” lanjut dia.

“Sejak hari pertama dia hanya berjuang dan berjuang untuk bertahan hidup dan tidak pernah menyerah, meskipun dia sakit. Kami semua merasa sangat bangga bisa membantunya dengan kesempatan kedua ini.”

 Ilustrasi

Alison Charles, mantan manajer pusat di RSPCA East Winch mengaku sempat khawatir dengan kondisi luka dialami anjing laut Nyonya Vicar.

“Itu sangat parah dan terinfeksi dan Anda bisa mencium bau daging yang terinfeksi, itu sangat mengerikan. Ketika cincin itu dilepas, itu berarti tubuhnya melepaskan gelombang besar racun berbahaya, yang kemudian harus dia lawan,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini