Gorila Terlangka di Dunia Terekam Kamera, Jumlahnya Tersisa 300 Ekor

Firziana Zahra, Jurnalis · Kamis 15 Juli 2021 02:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 14 406 2440648 gorila-terlangka-di-dunia-terekam-kamera-jumlahnya-tersisa-300-ekor-bPhf9SDcgM.JPG Gorila Cross River paling langka di dunia (Foto: WCS)

ADA pemandangan menarik yang ditemukan di Suaka Margasatwa Gunung Afi, Nigeria. Ya, gorila paling langka di dunia yakni Cross River Gorilla belum lama ini tertangkap kamera pengawas.

Rekaman gambar subspesies yang terancam punah dan diperkirakan hanya tersisa 300 ekor itu dirilis oleh kelompok pelestari lingkungan Wildlife Conservation Society (WCS) Nigeria.

Pada gambar yang dirilis WCS, terlihat pula berbagai satwa liar lainnya seperti babi Sungai Merah dan sejumlah primata lainnya, seperti simpanse.

Badan konservasi itu menjelaskan, selain gorila dan simpanse, terdapat pula foto monyet drill yang kerap ditemukan di Kamerun dan Nigeria.

Baca juga: Viral Burung Camar Curi Makanan dari Mulut Remaja, Korban Lari hingga Trauma

Suaka Margasatwa ini sebelumnya didirikan oleh pemerintah negara bagian Cross River pada 2000 untuk melindungi gorila Cross River dan satwa liar lainnya yang terancam punah.

Gorila Cross River

(Foto: WCS)

WCS menyebut, suaka margasatwa ini dilindungi oleh 13 penjaga hutan yang dipekerjakan oleh sebuah program amal di Nigeria. Mereka rutin berpatroli di cagar alam untuk mencegah perburuan liar. Bahkan tahun lalu mereka berhasil melepaskan 2.405 jerat kawat, yang dipasang untuk hewan seperti landak, hyrax, dan tikus tebu.

"Jebakan itu sangat berbahaya karena dapat menjebak bayi gorila dan menimbulkan ancaman bagi pemulihan spesies," kata kelompok konservasi itu, melansir Indy100.

WCS menjelaskan, praktik penebangan liar atau illegal logging menjadi masalah lain yang dihadapi pihak suaka margasatwa. Pihaknya sampai menggandeng para petani kakao lokal untuk menjaga kelestarian hutan dan membuat pertanian yang ada di sana jadi lebih produktif.

Primata

(Foto: WCS)

Langkah-langkah tersebut bertujuan agar secara bertahap dapat mengubah perilaku dan sikap terhadap satwa liar.

"Suaka Margasatwa Gunung Afi masih menghadapi tantangan, gambar-gambar jebakan kamera ini memberi kami harapan dan merupakan kesaksian bahwa upaya konservasi kami berhasil," ujar Direktur WCS Nigeria's Cross River Landscapem, Inaoyom Imong.

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini