Perusahaan Kapal Pesiar Norwegia Gugat Florida atas Larangan Paspor Vaksin

Firziana Zahra, Jurnalis · Kamis 15 Juli 2021 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 14 406 2440651 perusahaan-kapal-pesiar-norwegia-gugat-florida-atas-larangan-paspor-vaksin-TQwGwozNUI.JPG Kapal pesiar Norwegian Cruise Lines (Foto: Getty Images)

NORWEGIAN Cruise Lines (NCL), perusahaan kapal pesiar asal Norwegia menggugat Florida, Amerika Serikat setelah negara bagian itu melarang penggunaan paspor vaksin.

NCL menegaskan bahwa pihaknya tidak dapat melanjutkan pelayaran dengan aman tanpa memastikan penumpang dan awaknya sudah divaksinasi Covid-19.

Dalam pengaduan yang diajukan, perusahaan itu menyebut langkah gugatan sebagai 'upaya terakhir' mereka.

"Negara bagian Florida telah mengindikasikan telah mencegah (Norwegia) dari melanjutkan operasi pelayaran penumpang dengan aman dan nyenyak dari Miami dan Florida. Kami hanya ingin memastikan semua penumpang dan awak telah divaksinasi penuh terhadap Covid-19," kata pengaduan itu.

Undang-undang Florida mengancam akan mendenda perusahaan sebesar USD5.000 setiap kali mereka meminta penumpang untuk menunjukkan bukti bahwa mereka telah divaksinasi.

Gubernur Florida, Ron DeSantis menyebut gugatan itu sebagai hal yang 'mengecewakan'. Ia menyebut upaya Norwegian Cruise Lines memberlakukan bukti vaksinasi Covid-19 terhadap penumpang sebelum berlayar sebagai bentuk diskriminasi.

Baca juga: Bentuknya seperti Tulang, Benda Ini Ternyata Alat Musik Berusia 8.500 Tahun

"(Mereka) Mendiskriminasi anak-anak dan individu lain yang tidak dapat divaksinasi atau yang memilih untuk tidak divaksinasi karena alasan kesehatan, agama, atau hati nurani," sebut DeSantis.

"Administrasi ini tidak akan menolerir diskriminasi yang meluas seperti itu. Oleh karena itu, orang Norwegia menghadapi denda USD5.000 dari siapapun mereka yang menuntut status vaksinasi," tegas Sekretaris Gubernur, Christina Pushaw dalam sebuah pernyataan kepada ABC News.

CEO Norwegian Cruise Lines, Frank Del Rio sebelumnya juga mengancam akan memindahkan kapalnya dari Florida jika mereka tidak diizinkan untuk mengamanatkan vaksin kepada para penumpang.

"Pada akhirnya, kapal pesiar memiliki motor, baling-baling dan kemudi, dan Tuhan melarang kami agar tidak dapat beroperasi di negara bagian Florida karena alasan apapun. Kemudian ada negara bagian lain tempat kami beroperasi, dan kami dapat beroperasi dari Karibia untuk kapal yang seharusnya pergi ke Florida," kata Del Rio beberapa waktu lalu.

Pelayaran pertama Norwegia dari Miami dijadwalkan berlayar pada 15 Agustus, tetapi perusahaan itu mengatakan larangan paspor vaksin menempatkannya dalam 'dilema yang mustahil'.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) telah melarang sebagian besar pelayaran dari perairan AS sejak Maret 2020.

Perusahaan telah bekerja dengan CDC untuk melanjutkan pelayaran di bawah perintah layar bersyarat dan seperangkat pedoman untuk perusahaan pelayaran yang ingin melanjutkan pelayaran di wilayah AS, termasuk uji kapal pesiar dan persyaratan vaksin.

Baca juga: Mau Naik Kapal Pesiar Terbesar di Dunia? Siapkan Uang Rp200 Miliar

DeSantis baru-baru ini memenangkan gugatan terhadap CDC, di mana seorang hakim memutuskan badan tersebut melangkahi kewenangannya mengenai perintah berlayar bersyarat.

Beberapa perusahaan telah melanjutkan pelayaran dari Florida, dengan Celebrity Edge berangkat dari Port Everglades pada 26 Juni 2021 lalu. Sementara, Departemen Kesehatan Florida menolak berkomentar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini