Bandara Qatar Keluarkan Aturan Perjalanan Baru Jelang Libur Idul Adha

Aliefa Khaerunnisa Salsabila, Jurnalis · Jum'at 16 Juli 2021 01:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 15 406 2441266 bandara-qatar-keluarkan-aturan-perjalanan-baru-jelang-libur-idul-adha-Ymxn45Q13G.JPG Bandara Internasional Hamad, Qatar (Foto: Instagram/@hiaqatar)

BANDARA Internasional Hamad (HIA), Qatar mengeluarkan anjuran perjalanan bagi para penumpang yang hendak bepergian selama periode liburan Idul Adha 1442 Hijriah yang jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021.

Penumpang disarankan melakukan check-in online dan tiba tiga jam sebelum penerbangan untuk memastikan perjalanan mereka lancar.

“Harap dicatat bahwa penting bagi penumpang yang berangkat menunjukkan status kesehatan 'hijau' pada aplikasi EHTERAZ mereka atau sertifikat PCR negatif yang dikeluarkan tidak lebih dari 72 jam untuk memasuki gedung terminal. Fasilitas check-in dan bagasi swalayan HIA juga tersedia, yang memungkinkan penumpang untuk check-in, mencetak boarding pass dan menandai tas mereka, serta menggunakan bagasi dengan cepat," sebut HIA dalam keterangannya.

Demi kenyamanan dan keamanan penumpang yang berangkat dan kembali, pihak HIA mengatakan bahwa akses ke gedung terminal kedatangan dan keberangkatan dibatasi hanya untuk penumpang yang bepergian. Lakukanlah penjemputan dan pengantaran di tempat parkir jangka pendek dan hindari menggunakan tepi jalan.

Baca juga: Bentuknya seperti Tulang, Benda Ini Ternyata Alat Musik Berusia 8.500 Tahun

Travel Advisory HIA

(Foto: Instagram/@hiaqatar)

“Kami menyarankan penumpang untuk terus memperbarui diri tentang persyaratan perjalanan negara tujuan mereka untuk proses check-in yang lancar di HIA. Penumpang diingatkan bahwa check-in ditutup 60 menit sebelum waktu keberangkatan,” ujarnya.

Selama pemeriksaan keamanan, penumpang diminta untuk memastikan bahwa mereka tidak membawa barang-barang terlarang seperti cairan, aerosol, dan gel, dan untuk mengemas cairan apapun dalam kantong plastik bening yang dapat ditutup kembali dengan ukuran masing-masing 100ml atau kurang.

"Barang elektronik yang lebih besar dari ponsel harus dikeluarkan dari tas dan ditempatkan di baki untuk pemeriksaan sinar-X. Kendaraan kecil bertenaga baterai lithium, seperti hoverboard, dilarang dibawa. Penumpang juga disarankan untuk meminimalkan bepergian dengan hewan peliharaan karena hari libur peak time. Fasilitas bag wrap juga tersedia di terminal HIA," bunyi peraturan tersebut.

Penumpang yang berangkat dari HIA juga disarankan untuk mengunduh aplikasi seluler 'HIAQatar' yang tersedia untuk Android dan iPhone untuk pembaruan dan membantu membuat perjalanan penumpang lebih lancar dengan informasi waktu nyata tentang status penerbangan, pengambilan bagasi, waktu, dan arah ke gerbang keberangkatan dan penawaran makanan, minuman, dan ritel dari Qatar Duty Free (QDF).

Semua penumpang yang tiba di Doha harus mendaftar dan mengunggah semua dokumen yang diperlukan di alamat website; www.ehteraz.gov.qa.

Setelah aplikasi ini, semua penumpang yang mengakhiri Doha akan diberikan Izin Perjalanan, yang harus ditunjukkan kepada maskapai pada titik keberangkatan untuk diizinkan terbang ke Qatar. Informasi tambahan dapat ditemukan pada situs MOPH; https://covid19.moph.gov.qa/EN/travel-and-return-policy/Pages/default.aspx

"Silakan ikuti rambu di terminal atau minta bantuan staf kami untuk mempermudah proses kedatangan Anda. Pengingat bahwa semua penumpang yang bepergian harus memakai masker wajah setiap saat, menjaga jarak fisik dan mengikuti semua pedoman keselamatan yang ada di bandara demi keselamatan mereka," demikian bunyi travel advisory tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini