Keren Nih, Naik Balon Udara Sambil Nikmati View Situs Kuno Berusia 12.000 Tahun

Firziana Zahra, Jurnalis · Jum'at 16 Juli 2021 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 15 406 2441286 keren-nih-naik-balon-udara-sambil-nikmati-view-situs-kuno-berusia-12-000-tahun-qY0DdsDbaN.JPG Wahana balon udara terbang di atas situs kuno berusia 12.000 tahun di Turki (Foto: AA)

PEMANDANGAN indah menghiasi langit Turki belum lama ini. Berbagai balon udara warna-warni 'lepas landas' pada Senin lalu di situs kuno terkenal Göbeklitepe, tepatnya di Provinsi Anlıurfa, Turki Tenggara. Wahana balon udara di provinsi itu sempat terhenti imbas pandemi virus Covid-19 yang mendunia.

Pengunjung yang menaiki balon tersebut sangat menikmati pemandangan udara yang indah dari Göbeklitepe, dataran Harran dan pusat Kota Anlıurfa.

Bicara mengenai potensi pariwisata daerah tersebut, Wali Kota Anlıurfa, Zeynel Abidin Beyazgül mengatakan, mereka sebenarnya ingin menjadikan Anlıurfa sebagai pusat balon udara terbesar kedua setelah Cappadocia, yang merupakan rumah bagi dongeng cerobong asap dan wahana balon yang menakjubkan.

Baca juga: Fakta Menarik Campuhan Ridge Walk, Jalur Trekking dengan Keindahan Alam Maksimal

Situs Kuno di Turki

(Foto: AA)

"Wisatawan akan menemukan jejak setiap peradaban di sini, melihat jejak penduduk asli pertama dan tempat-tempat di mana para nabi tinggal, dan mencicipi keahlian memasak tradisional dan menikmati musik daerah," kata Beyazgül.

Kompleks Göbeklitepe yang berusia 12.000 tahun terletak 15 kilometer (9,32 mil) dari kota tenggara Turki, Anlıurfa. Ia adalah kuil tertua yang diketahui dan salah satu penemuan terpenting dari penelitian Neolitik. Kuil tersebut ditemukan pada 1963 ketika para peneliti dari universitas di Istanbul dan Chicago bekerja di daerah tersebut .

Dinobatkan sebagai kuil pertama di dunia, situs prasejarah Göbeklitepe berdiri di antara situs-situs arkeologi lainnya dengan arsitektur megalitik yang mengesankan.

Pada proyek penggalian sejak tahun 1995, Institut arkeologi Jerman dan Museum Şanlıurfa telah menemukan obelisk yang terbentuk pada era Neolitik. Tingginya menjulang antara 3-6 meter dengan berat 40-60 ton yang ditemukan selama penggalian.

Beragam artefak berusia 12.000 tahun seperti patung manusia setinggi 65 sentimeter juga ikut ditemukan. Dalam penemuan yang lebih baru, gundukan baru ditemukan oleh para peneliti di dekat situs kuno pada Juni tahun ini.

Situs ini telah masuk dalam daftar tentatif warisan dunia UNESCO sejak 2011. Menurut UNESCO, Göbeklitepe adalah tempat pertemuan para 'pemburu' terakhir sebelum manusia beralih ke gaya hidup berbasis pertanian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini