10 Tahun Hidup di Kandang Sempit, 2 Beruang Ini 'Traveling' ke Amerika

Firziana Zahra, Jurnalis · Selasa 20 Juli 2021 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 20 406 2443216 10-tahun-hidup-di-kandang-sempit-2-beruang-ini-traveling-ke-amerika-yL0S2JpyNm.JPG Beruang coklat Suriah (Foto: Shutterstock)

SETELAH menghabiskan satu dekade di kandang semen berukuran kecil, dua beruang di Lebanon akan diterbangkan ke Amerika Serikat, di mana mereka akan dilepaskan ke alam liar.

Animals Lebanon, sebuah kelompok yang berbasis di Beirut menyatakan, kedua beruang coklat Suriah bernama Homer dan Ulysses itu awalnya diselamatkan dari kebun binatang pribadi di Lebanon selatan.

Kedua beruang itu dibebaskan setelah aktivis hak-hak binatang meyakinkan pemilik kebun binatang bahwa mereka layak mendapat tempat tinggal lebih baik daripada kandang kecil tempat mereka disimpan selama lebih dari 10 tahun. Beruang itu berada di Desa Hanaway dekat kota pelabuhan selatan Tyre.

Baca juga: Beruang Hitam Kabur Usai Dipindahkan dari Kebun Binatang Asalnya

"Tidak ada hewan yang harus hidup dalam kondisi yang mengerikan seperti itu, tanpa makanan yang layak, perawatan hewan, atau perumahan," kata Direktur Animals Lebanon, Jason Mier, seperti dilaporkan Daily Sabah.

"Untuk pertama kalinya dalam hidup mereka, mereka benar-benar bisa menjadi beruang, dengan kandang alami yang besar, dan kemampuan untuk menikmati hari-hari mereka,” tambahnya.

Pada Minggu akhir pekan lalu, beruang berbobot sekitar 130 kilogram (286 pon) dibius untuk kemudian dipindahkan ke peti transportasi logam besar untuk perjalanan mereka ke negeri Paman Sam.

Mereka dibawa ke Bandara Internasional Rafik Hariri, Beirut di mana mereka akan ditempatkan di pesawat ke Uni Emirat Arab. Dari sana, mereka akan terbang ke Chicago. Mereka kemudian akan dibawa ke Wild Animal Sanctuary di Colorado, AS.

Suaka Satwa Liar merawat ratusan singa, harimau, beruang, serigala, dan hewan lainnya. Mereka termasuk rubah dan walabi yang diselamatkan sebelumnya oleh Animals Lebanon.

Otoritas Hewan Lebanon telah menutup empat kebun binatang di bawah standar dengan memasukkan kembali hewan ke cagar alam di AS, Inggris, Uni Eropa, dan Afrika Selatan.

Beruang dan hewan langka lainnya masih dipelihara sebagai hewan peliharaan eksotis dan di kebun binatang pribadi di Lebanon.

Sebelumnya, penerbangan dari Beirut telah ditunda dua kali. Pertama ketika krisis ekonomi parah hampir dua tahun lalu dan kedua di tengah pembatasan imbas pandemi Covid-19 yang menutup bandara selama berminggu-minggu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini