Lama Terbengkalai, Taman Apung Jejak Peradaban Suku Aztec Dipercantik

Aliefa Khaerunnisa Salsabila, Jurnalis · Rabu 21 Juli 2021 04:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 20 406 2443341 lama-terbengkalai-taman-apung-jejak-peradaban-suku-aztec-dipercantik-FTBfuk60M2.JPG Taman Apung Xhocimilco di Meksiko (Foto: Shutterstock)

PENDUDUK Mexico City bergotong-royong membersihkan salah satu situs sejarah paling populer di kota itu, yakni taman terapung Xochimilco. Ia adalah salah satu dari sedikit kanal yang tersisa peninggalan suku Aztec. Situs warisan dunia UNESCO itu hinga kini masih memertahankan banyak gaya pra-Hispaniknya.

Terganggu oleh air yang tercemar, ikan pemangsa, dan perambahan yang terus-menerus di salah satu kota terbesar di dunia, penduduk setempat kemudian bersatu untuk membersihkan kanal dan membuat area pertanian ini layak secara ekonomi di tengah megalopolis Meksiko.

Salah satu cara mereka melakukannya ialah dengan mendukung metode pertanian tradisional Aztec di saluran air yang disebut 'Chinampas'.

“Chinampas adalah tempat tidur terapung dari produk pertanian yang dibudidayakan oleh suku Aztec pada abad ke-14 untuk memberi makan kota pra-Hispanik. Dari sanitasi, pemeliharaan dan pembersihan, itulah yang bisa Anda lihat," kata Menteri Lingkungan Kota Meksiko, Marina Robles.

Baca juga: 4 Pantai Indah di Meksiko yang Cocok Masuk Daftar Liburan

"Dan, untuk produsen (pertanian) itu berarti mereka dapat terus mengelola Chinampas mereka dan juga komersialisasi produk mereka," tambahnya.

Penduduk lokal berharap upaya mereka dapat membantu kelestarian saluran air legendaris terakhir yang tersisa di Mexico City, dan mencegahnya dari invasi proyek pembangunan perkotaan.

“Saya tidak tahu apakah kami akan menjadi generasi terakhir yang merehabilitasi kawasan ini,” kata petani lokal Luis Alberto Mora.

Yang jelas (bertani di Xochimilco) sangat produktif, dan memberikan banyak manfaat bagi kami yang melakukan ini," ujar Luis.

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini