Dermaga Baru Dibangun di Kawasan Wisata Taman Nasional Bunaken

Antara, Jurnalis · Rabu 21 Juli 2021 07:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 21 406 2443545 dermaga-baru-dibangun-di-kawasan-wisata-taman-nasional-bunaken-NZVbgqVXrC.JPG Kapal wisata di Taman Nasional Bunaken, Manado (Foto: Instagram/@lenni_hasan)

SEBUAH dermaga dan berbagai fasilitas penunjang lainnya akan dibangun di kawasan Taman Nasional Bunaken, Kota Manado, Sulawesi Utara demi memanjakan wisatawan. PT Nindya Karya selaku penanggung jawab menjamin pembangunan infrastruktur itu tidak merusak lingkungan.

"Informasi terakhir sudah ada konsultasi publik terkait dengan pengurusan dokumen lingkungannya, itu dihadiri para pemangku kepentingan terkait termasuk masyarakat sekitar," ungkap Site Engineering Manager Proyek Penataan Kawasan Pariwisata Pantai Malalayang dan Bunaken, PT Nindya Karya, Erik Prima.

Pembangunan dermaga yang lebih representatif di kawasan taman nasional itu dibangun lantaran dermaga sebelumnya mulai rusak.

Baca juga: Taman Nasional Bunaken Tutup Sampai 16 Mei, Wisatawan Jangan Kecewa Ya!

"Jadi dermaga itu akan dibangun di sebelah dermaga sebelumnya," ujarnya.

Oleh karena itu, menurut dia, dokumen lingkungan sementara berproses untuk memastikan pembangunannya tidak merusak ekosistem di lokasi tersebut.

Ia mengatakan fasilitas lainnya yang akan dibangun ialah peningkatan sarana jalan wisata di pulau itu untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi warga maupun wisatawan.

Di destinasi pariwisata itu, katanya, juga akan dibangun view tag, sebuah bangunan di tepi laut yang menyediakan pemandangan indah ke arah Pulau Siladen.

"Akan dibangun juga tempat swafoto di gerbang Bunakan, galeri wisata serta tugu 'diving'," katanya.

Dirinya berharap, penataan kawasan pariwisata di Pulau Bunaken mendorong peningkatan arus wisatawan menuju pulau itu, termasuk pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini