Selebgram Ngamuk Gegara Gagal Terbang, Ini Aturan Baru Naik Pesawat

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Kamis 22 Juli 2021 16:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 22 406 2444438 selebgram-ngamuk-gegara-gagal-terbang-ini-aturan-baru-naik-pesawat-psX1aGHIss.JPG Gebby Vesta (Foto: Instagram/@vestabeaute)

PERISTIWA heboh terjadi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Seorang selebgram, Gebby Vesta tiba-tiba saja mengamuk lantaran diminta menunjukkan surat keterangan RT/RW oleh petugas bandara saat hendak melakukan perjalanan udara.

Tak pelak amarahnya tak terbendung lantaran ia merasa dipersulit untuk terbang. Padahal, dirinya mengklaim telah mengantongi hasil tes PCR dan menjalani vaksinasi Covid-19 demi bisa menaiki pesawat.

"Jadi semuanya, ini vaksin enggak guna. Jadi kita sekarang mau terbang harus ada surat jalan dari RT/RW setempat. Dan saya enggak tahu ini info dari mana, jadi kalau kalian yang enggak mau vaksin enggak apa-apa, enggak usah vaksin aja, percuma," ucapnya di hadapan banyak orang di bandara dalam video di Instagram Story.

Gebby pun mengaku heran dengan wisatawan mancanegara yang begitu mudahnya memasuki wilayah Indonesia melalui transportasi udara. Sedangkan WNI malah diwajibkan memenuhi segala persyaratan untuk bisa bepergian

"Ini katanya (peraturan) baru. Orang dari luar negeri yang habis karantina lolos semuanya lolos. Ini orang dari luar negeri semuanya lolos, nggak ada surat pengantar, nggak ada surat kerja, nggak perlu, kita yang orang Indonesia dipersulit, gunanya vaksin buat apa?," tambahnya.

Terkait insiden ini, pemerintah sebenarnya telah mengeluarkan aturan berupa syarat perjalanan transportasi udara selama masa PPKM. Hal itu termaktub dalam Surat Edaran (SE) Nomor 53 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor SE 45 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Disebutkan bahwa pelaku penerbangan antar bandar udara di Pulau Jawa, penerbangan dari atau ke bandar udara di Pulau Jawa dan penerbangan dari atau ke bandar udara di Pulau Bali, wajib menunjukkan kartu vaksin pertama dan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan

Kemudian untuk penerbangan dari atau ke bandar udara selain sebagaimana disebutkan pada butir (1), wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RTPCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2x24 jam atau hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Khusus selama masa libur hari raya Idul Adha 1442 Hijriah pada tanggal 19 Juli sampai dengan 25 Juli 2021, perjalanan orang/penumpang termasuk pelaku perjalanan orang/penumpang di bawah 18 tahun dibatasi untuk sementara dan hanya dikecualikan bagi; (a) pelaku perjalanan orang/penumpang dengan keperluan aktivitas bekerja di sektor esensial dan kritikal; (b) pelaku perjalanan orang/penumpang dengan keperluan mendesak, yaitu: pasien dengan kondisi sakit keras, ibu hamil yang didampingi oleh 1 (satu) orang anggota keluarga, kepentingan persalinan yang didampingi maksimal 2 (dua) orang, dan pengantar jenazah non Covid-19 dengan jumlah maksimal lima orang

Selanjutnya pada poin (4) disebutkan pelaku perjalanan orang/penumpang dengan keperluan aktivitas bekerja di sektor esensial dan kritikal sebagaimana dimaksud butir (3) huruf (a), selain memenuhi ketentuan sebagaimana diatur pada butir (1) atau (2), wajib menunjukkan Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) atau Surat Keterangan Lainnya yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah setempat atau Surat Perintah Tugas dari Pimpinan Instansi setingkat Eselon II.

Adapun pada poin (5) berbunyi; setiap pelaku perjalanan orang/penumpang dengan keperluan mendesak sebagaimana dimaksud butir (3) huruf (b), selain memenuhi ketentuan sebagaimana diatur pada butir (1) atau (2), wajib menunjukkan surat keterangan perjalanan antara lain surat rujukan dari rumah sakit, surat pengantar dari perangkat daerah setempat, surat keterangan kematian atau surat keterangan pendukung lain.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini