India Promosikan Mercusuar sebagai Destinasi Wisata Baru, Tertarik?

Firziana Zahra, Jurnalis · Jum'at 23 Juli 2021 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 23 406 2444833 india-promosikan-mercusuar-sebagai-destinasi-wisata-baru-tertarik-8WnXX6bTAn.JPG Mercusuar bakal jadi tren wisata baru di India (Foto: iStock)

INDIA segera mendapatkan fasilitas kelas dunia pada mercusuar yang mereka miliki. Menurut laporan RUU Bantuan Kelautan untuk Navigasi 2021 yang disahkan oleh Majelis Rendah Parlemen menyebutkan bahwa mercusuar warisan di negara itu akan ditransformasikan menjadi destinasi wisata baru.

Langkah ini sekaligus menolak Undang-Undang Mercusuar Kuno 1927 yang selama ini menjadi payung hukum fungsi mercusuar.

Melansir Times of India, undang-undang ini sebenarnya dimaksudkan untuk mengubah mercusuar di negara itu menjadi pusat pariwisata. Asal tahu saja, negara ini memiliki 65 buah mercusuar yang ingin digarap oleh pemerintah, dan dikembangkan sebagai lokasi wisata.

Baca juga: Jelajahi Tempat Wisata Bersejarah di Gujarat, Istana Megah hingga Kuil Ikonik

Hal itu diyakini dapat mendongkrak angka pariwisata India, di mana memungkinkan para turis untuk menjelajahi pesona 'dunia lama' ini.

Mercusuar dapat dijadikan sebagai alat bantu navigasi di bawah kendali pemerintah pusat, sekaligus mengembangkannya menjadi pusat budaya, pendidikan, selain pusat pariwisata.

Mercusuar tersebut didistribusikan di antara berbagai negara bagian. Sebanyak 13 mercusuar yang telah diidentifikasi berada di Gujarat, 11 di Tamil Nadu, 10 unit di Kerala, 9 di Andhra Pradesh, 5 masing-masing di Odisha, Maharashtra, dan Karnataka, 3 di Benggala Barat, 2 di Kepulauan Andaman dan Nicobar dan satu menara terletak di Goa.

Mercusuar dibangun di tengah keterbatasan teknologi. Mercusuar ini masih digunakan di beberapa belahan dunia. Mereka memancarkan cahaya yang memandu kapal.

Sangat membantu bagi mereka yang tersesat di laut, atau mereka yang hanya membutuhkan bimbingan untuk mencapai pantai. Wisata mercusuar ini tak ada salahnya masuk dalam daftar agenda perjalanan Anda di masa mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini