Mister Aladin Dukung Sentra Vaksinasi Covid-19 Wujudkan Herd Immunity

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 23 Juli 2021 14:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 23 406 2444894 mister-aladin-dukung-sentra-vaksinasi-covid-19-wujudkan-herd-immunity-b17OS892h5.JPG Wamenparekraf RI, Angela Tanoesoedibjo (Foto: Mister Aladin)

PEMERINTAH terus menggencarkan program vaksinasi Covid-19 di masyarakat demi menciptakan herd immunity di Indonesia. Terkait hal tersebut, Mister Aladin turut serta berpartisipasi menghadirkan Sentra Vaksinasi Covid-19 di kawasan MNC Center Kebon Sirih, Jakarta Pusat dan MNC Studios Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Sentra Vaksinasi Covid-19 ini dibuka pada 23-27 Juli 2021 dan menyasar masyarakat berusia 12 tahun ke atas. Hadirnya Sentra Vaksinasi Covid-19 di kawasan MNC Center di Kebon Sirih dan MNC Studios di Kebon Jeruk ini merupakan hasil kolaborasi dan sinergi antar pihak pemerintah dengan swasta, yaitu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, MNC Peduli, Doktora Clinic, Mister Aladin, Traveloka, dan GBI Glow Fellowship Center.

Selama periode pelaksanaan, target penerima vaksin adalah sebanyak 6.000 orang untuk dosis pertama. Target ini ditetapkan sebagai bagian dari upaya mempercepat terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok agar Indonesia bisa segera keluar dari pandemi.

Syarat untuk mendapatkan vaksin pun cukup mudah. Masyarakat hanya perlu mengisi formulir secara online dan memilih tanggal dan jam yang diinginkan. Pada saat jadwal vaksinasi, calon penerima vaksin hanya perlu menunjukkan KTP untuk yang berusia 18 tahun ke atas atau menunjukkan kartu keluarga untuk yang berusia 12-17 tahun.

Baca juga: Kemenparekraf dan MNC Peduli Kolaborasi Hadirkan Sentra Vaksinasi Covid-19

"Vaksinasi merupakan salah satu bentuk upaya kita bersama untuk dapat menangani pandemi Covid-19. Untuk itu, pemerintah menggandeng berbagai pihak dan melakukan kolaborasi lintas sektor guna mempercepat distribusi vaksin di tanah air serta memudahkan masyarakat dalam mendapatkan vaksinasi," ungkap Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf), Angela Tanoesoedibjo. Jumat (23/7/2021).

Angela Tanoesoedibjo

Ia pun berterima kasih terhadap dukungan seluruh pihak, sehingga sentra vaksinasi ini dapat terwujud sehingga herd immunity dapat segera terbentuk.

"Saya juga mengimbau rekan-rekan yang bekerja di industri pariwisata dan ekonomi kreatif untuk dapat memanfaatkan sentra vaksinasi ini agar dapat mempercepat pemulihan di salah satu industri yang paling terdampak ini. Seperti diketahui, saat ini realisasi vaksinasi bagi pekerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif masih di bawah 5 persen dari sekitar 34 juta orang," tuturnya.

Baca juga: Gelar Sentra Vaksinasi Covid-19, Angela Tanoesoedibjo: Kami Senang Bantu Pemerintah

Sementara, Ketua MNC Peduli, Jessica Tanoesoedibjo mengaku sangat senang bisa berpartisipasi aktif dalam membantu pemerintah memperluas cakupan vaksin nasional yang merupakan langkah nyata dalam penanganan Covid-19. Dukungan dari MNC Peduli berupa lokasi pelaksanaan sentra vaksinasi di dua lokasi kata dia, diharapkan dapat menjangkau semakin banyak masyarakat yang belum mendapatkan akses vaksinasi.

"Kami juga telah menyiapkan tim operasional yang akan membantu alur jalannya proses vaksinasi di lapangan untuk memastikan keamanan proses vaksinasi. Kami berkomitmen untuk terus bersinergi dengan pemerintah dan pelaku industri lainnya untuk membantu penanganan Covid-19 di Indonesia," kata Jessica.

Guna mencegah terbentuknya kerumunan dan penumpukan penerima vaksin di lokasi, pendaftaran vaksinasi dibuka secara online. Masyarakat yang ingin mendaftar dapat mengakses aplikasi Mister Aladin dan mengisi form yang tersedia.

Terdapat beberapa opsi tanggal dan jam yang bisa dipilih. Setelah mendaftar, calon penerima vaksin akan menerima e-mail konfirmasi yang menyatakan bahwa mereka terdaftar sebagai penerima vaksin.

Pada kesempatan yang sama, Chief Operating Officer Mister Aladin, Nitha Sudewo mengatakan, Mister Aladin selalu siap mendukung langkah pemerintah Indonesia dalam memerangi pandemi Covid-19 dan memulihkan sektor pariwisata Indonesia.

Hadirnya sentra vaksinasi Covid-19 di kawasan MNC Center dan Studio RCTI sambung Nitha, diharapkan dapat membantu dalam pendistribusian dan percepatan vaksinasi, seperti yang sedang digalakkan pemerintah pada saat ini.

"Atas kepercayaan Kemenparekraf dan berkolaborasi dengan MNC Peduli, Doktora Clinic, Traveloka, serta GBI Glow Fellowship Center, kami turut membantu agar alur pendaftaran vaksinasi berjalan dengan aman dan lancar dengan cara membuka pendaftaran online. Dengan begini, masyarakat bisa mendapatkan vaksin dengan aman dan tanpa berkerumun," ujarnya.

Angela Tanoesoedibjo

Pengadaan sentra vaksinasi Covid-19 di kawasan MNC Center dan MNC Studios ini turut mengajak serta tim tenaga kesehatan dari Persatuan Dokter Glow Fellowship Center. CEO Doktora Clinic, Drg. Fransisca Tobing mengatakan bahwa selain menggandeng pihak Glow Fellowship Center, Doctora Clinic bertanggung jawab atas pengolahan limbah medis dan prosedur standar pelaksanaan vaksinasi agar dapat berjalan lancar dan sesuai standar medis.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin diimbau untuk mengecek kesehatan diri sebelum mendaftar. Persyaratan menerima vaksin dan formulir pendaftaran dapat diakses melalui aplikasi Mister Aladin yang dapat didownload di Google Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS.

Bagi Anda yang ingin mengikuti vaksinasi Covid-19 di sentra MNC Center, bisa melakukan pendaftaran di link ini: http://bit.ly/SENTRAVAKSINASICOVID-19 atau bisa juga di https://www.traveloka.com/en-id/activities/indonesia/product/free-covid-19-vaccine-for-public-12-years-old-and-above-at-kebon-jeruk-first-dose-5710361613386 untuk Anda yang mau divaksin di sentra MNC Center Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini