Harga Tempe di Korsel Bikin Mata Terbelalak, TikToker Ini Ungkap Faktanya

Aliefa Khaerunnisa Salsabila, Jurnalis · Selasa 27 Juli 2021 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 26 406 2446368 harga-tempe-di-korsel-bikin-mata-terbelalak-tiktoker-ini-ungkap-faktanya-OXNFEMo8rq.JPG Mahalnya harga tempe di Korsel (Foto: TikTok/@reishaprasasti_)

SIAPA tak kenal tempe? Ya, tempe merupakan makanan yang sudah sangat akrab di telinga masyarakat Indonesia.

Makanan berbahan kacang kedelai ini sangat mudah ditemukan, bahkan di warung-warung kecil pedagang sayur pun menjual tempe dengan harga yang terjangkau.

Seorang TikToker asal Indonesia dengan akun @reishaprasasti_ kali ini membagikan suatu pengalamannya saat membeli tempe di Korea Selatan.

Reisha membeli tempe secara online agar dapat diantar ke rumahnya. Pengemasan tempe juga berbeda dengan di Indonesia.

Baca juga: Bule Ini Sebut Bali Pulau Termurah, Modal 5 Dolar Bisa Ngapain Aja?

Di Korea, dikemas dengan styrofoam dan diberi icepack agar tetap segar. Seperti tempe pada umumnya, tempe Korea pun memiliki bentuk yang sama persis.

Reisha nampaknya membeli empat papan tempe berukuran sedang. Ia menyebut harga yang dibanderol untuk empat tempe plus ongkos kirim menghabiskan duit senilai 11.990 Won atau senilai dengan Rp152.000.

@reishaprasasti_

yesh bisa makan tempe goreng, pake sambal ♬ Beggin' - Måneskin

Video yang diunggah Reisha mengundang ratusan komentar dari warganet yang terheran-heran dengan mahalnya harga tempe di negeri ginseng itu.

“Pengen ke Korea deh, mau jual tempe,” ujar pemilik akun @juki.

“Di Indo tempe 4 paling 10 rebu,” timpal netizen lainnya.

Harga tempe yang dijual di Korea Selatan menurut kacamata orang Indonesia memang mahal, namun menurut Reisha, harga tersebut sangatlah wajar karena tempe merupakan produk impor dari Indonesia.

Ia juga mengatakan bahwa penghasilan rata-rata masyarakat Korea dan Indonesia juga jauh berbeda, sehingga harga tersebut masih dianggap rasional.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini