Usai PPKM, Yuk Jelajahi Air Terjun Eksotis di Bandung Barat

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 28 Juli 2021 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 27 408 2446900 usai-ppkm-yuk-jelajahi-air-terjun-eksotis-di-bandung-barat-T5gpK7ngzy.JPG Pesona Curug Malela di Bandung Barat (Foto: Instagram/@curugmalela.id)

BANDUNG, menjadi salah satu wilayah di Jawa Barat yang memiliki banyak destinasi wisata menarik. Mulai dari wisata kekinian hingga alam seperti curug atau air terjunnya yang indah.

Ada beberapa curug yang bisa Anda kunjungi di Bandung, sebagai salah satu tujuan destinasi wisata alam setelah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Nah berikut ini tiga curug di kawasan Bandung Barat, seperti dikutip dari berbagai sumber.

Curug Malela

Curug Malela berlokasi di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat. Letaknya tak terlalu jauh dari pusat kota Bandung, atau sekitar 2 jam.

Curug satu ini memiliki beberapa titik tempat mengalir atau terjunnya air. Di sekitarnya terdapat bebatuan besar, serta airnya pun cukup jernih bisa Anda manfaatkan bermain air di sungai ini. Selain itu pemandangan alam di sekitarnya masih cukup asri, dan sejuk.

Curug Malela

(Foto: Instagram/@curugmalela.id)

Menariknya lagi, Curug Malela dikenal sebagai salah satu air terjun terbesar di Jawa Barat. Bentuknya hampir menyerupai Air Terjun Niagara di wilayah perbatasan Amerika-Kanada, sehingga dijuluki sebagai little Niagara.

Curug Layung

Selanjutnya ada Curug Layung. Lokasinya berada di kawasan Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat. Letaknya pun tak jauh dari Gunung Tangkuban Parahu, yang merupakan destinasi wisata terkenal dengan legenda Sangkuriang.

Curug satu ini memang tidak tinggi seperti pada umumnya. Tingginya hanya 4 meter saja, aka tetapi dikelilingi pemandangan yang indah dan nuansa alaminya masih terasa.

Curug Layung

(Foto: Instagram/@echongmonroe)

Bagi Anda yang hobi hiking, bisa menelusuri sungai di Curug Layung ini. Aliran sungainya cukup deras, airnya pun jernih dan bersih.

Harga tiket masuk Curug Layung ini cukup terjangkau, yakni Rp7000 perorangnya dengan harga tersebut, Anda sudah bisa menikmati alam yang memesona.

Curug Sawer

Curug Sawer ini berlokasi di Cililin, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat. Luasnya sekitar 8 hektare dan dikelilingi oleh hutan pinus yang menambah keindahannya.

Pengelolaan Curug Sawer Cililin ini sudah cukup lama, yaitu sekitar tahun 1970-an oleh Perhutani Cililn. Air curug ini sangat jernih dan bersih. Tak sedikit wisatawan yang berkunjung ke sini mandi di aliran sungainya.

Curug Sawer

(Foto: Instagram/@mushmulya29)

Selain itu Anda juga bisa piknik di arey hutan pinus. Menggelar tikar sambil menyantap makanan yang dibekal, akan merasakan sensasi yang menarik.

Nah bagi Anda yang tertarik bisa datang ke Curug ini. Harga tiket masuknya cukup terjangkau, yaitu hanya Rp7.500 per orangnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini