Kalau PPKM Turun ke Level 3, Kudus Siap Buka Semua Tempat Wisata

Antara, Jurnalis · Kamis 29 Juli 2021 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 28 406 2447481 kalau-ppkm-turun-ke-level-3-kudus-siap-buka-semua-tempat-wisata-IDLNFQVMKF.jpg Taman Krida Wisata Kudus, Jawa Tengah (Antara)

PEMERINTAH Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, belum bisa memberikan kelonggaran terhadap pengelola objek wisata untuk beroperasi kembali karena masih harus menunggu Kudus berstatus level 3 COVID-19.

"Selama masih berstatus (PPKM) level 4 COVID-19, tentunya sesuai instruksi Kementerian Dalam Negeri objek wisata masih tetap ditutup. Sebetulnya dengan melihat beberapa indikator yang ada Kabupaten Kudus bisa naik level," ujar Bupati Kudus Hartopo, Rabu 28 Juli 2021.

Ia mengungkapkan berdasarkan data Corona Jateng dengan beberapa indikatornya, maka Kudus masuk level dua, sedangkan dari sisi testing, tracing, dan treatment (3T) masuk level 3.

Baca juga: Nestapa Pelaku Wisata Kudus, Jual Aset Pribadi demi Menutup Biaya Operasional

Dengan melihat data tersebut, seharusnya Kabupaten Kudus bisa masuk ke level 3, namun hingga sekarang masih berada di PPKM level 4.

 

Ketika berada di level 3, maka ada sedikit kelonggaran sehingga semua objek wisata maupun pusat perbelanjaan bisa dibuka dengan batasan pengunjung dan tidak terlalu dibatasi seketat ini.

"Warung makan dan restoran juga tidak terlalu dibatasi seperti sekarang ini. Saat ini pembeli memang boleh makan di tempat, namun dibatasi jumlahnya dan durasinya maksimal 20 menit," ujarnya.

Baca juga: Wisata Tutup Gegara PPKM, Gunung Kidul Evaluasi Target Kunjungan Wisatawan

Terkait level 4 untuk Kudus tersebut, juga sudah ditanyakan kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, namun belum ada jawaban. Pidato Presiden RI dengan instruksi Mendagri juga berbeda sehingga daerah hanya bisa berpedoman pada aturan tertulis.

Instruksi Bupati Kudus nantinya juga akan mengikuti ketentuan yang sudah tertuang di Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 24/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 COVID-19 di Wilayah Jawa dan Bali.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini