Pikat Wisatawan, Telaga Merdada Dieng Dikembangkan Jadi Destinasi Bebas Sampah

Antara, Jurnalis · Kamis 29 Juli 2021 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 28 406 2447497 pikat-wisatawan-telaga-merdada-dieng-dikembangkan-jadi-destinasi-bebas-sampah-hmeKaG5V3b.jpg Telaga Merdada di Dieng, Banjarnegara (Antara)

BUPATI Banjarnegara Budhi Sarwono mengatakan destinasi wisata Telaga Merdada, Dieng akan terus dikembangkan guna meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke wilayah setempat.

"Dieng memiliki banyak destinasi menarik, salah satunya Telaga Merdada yang akan kami kembangkan, kami siapkan, untuk mengimbangi objek wisata lain yang ada, jadi saling mendukung," katanya melalui siaran pers yang diterima di Purwokerto, Rabu.

Baca juga: Candi Arjuna dan Candi Setyaki Dieng Diselimuti Es

Bupati menjelaskan pihaknya telah menyiapkan Telaga Merdada untuk menjadi destinasi wisata yang ramah lingkungan dan bebas sampah.

"Pembenahan dan pembersihan area Telaga Merdada terus dilakukan secara berkala, ini sebagai bentuk komitmen pemerintah kabupaten dalam mendukung sektor pariwisata di Banjarnegara," katanya.

Menurut dia, Telaga Merdada sangat potensial untuk dikembangkan dan dipopulerkan sebagai objek wisata alam yang indah dan bersih.

 

"Telaga Merdada merupakan danau luas di Kawasan Dataran Tinggi Dieng yang sangat indah serta memiliki keunikan di mana seluruh air yang menggenangi telaga berasal dari hujan," katanya.

Selain itu air yang ada di Telaga Merdada selama ini dimanfaatkan oleh para petani kentang dan kubis untuk mengairi areal sawah.

Baca juga:  Deretan Destinasi Wisata Alam di Wonosobo, Telaga Warna hingga Bukit Sikunir

Terkait hal itu, kata dia, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi dan promosi mengenai potensi Telaga Merdada.

"Promosi mengenai Telaga Merdada sebagai surga tersembunyi dari Dieng akan terus ditingkatkan," katanya.

Dengan demikian, diharapkan nantinya dapat menjadi magnet pariwisata Banjarnegara dan dapat meningkatkan angka kunjungan wisatawan.

Bupati juga menambahkan pihaknya terus memperkuat strategi pengembangan Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng sebagai salah satu destinasi unggulan di wilayah setempat.

Dia menjelaskan strategi tersebut meliputi pembuatan peta jalan, penyusunan program inovasi dan berkreasi serta menggencarkan kolaborasi dengan berbagai pihak terkait.

 Ilustrasi

Selain itu, pihaknya juga terus menggencarkan promosi wisata baik secara konvensional maupun digital.

Dia berharap berbagai upaya yang telah dilakukan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan KWDT Dieng.

"Pemkab Banjarnegara memang berkomitmen untuk terus mengembangkan sektor pariwisata," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini