Gunung Guntur, Pesona 7 Puncak dengan Medan Pendakian Menantang

Firziana Zahra, Jurnalis · Kamis 29 Juli 2021 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 28 408 2447254 gunung-guntur-pesona-7-puncak-dengan-medan-pendakian-menantang-h7QgBjyvy0.jpg Gunung Guntur di Kabupaten Garut, Jawa Barat (Wikipedia)

GUNUNG Guntur salah satu gunung favorit para pendaki untuk menguji adrenalin. Letaknya di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung berapi tipe stratovolcano setinggi 2.249 mdpl ini tergolong unik dan pemandangannya menakjubkan.

Baca juga: Pendaki Sabar Ya! Gunung Gede Pangrango Tutup Selama PPKM Darurat

Gunung Guntur terakhir meletus pada tahun 1847. Gunung ini memiliki kemiringan yang curam dan rawan longsor, serta medan pendakian yang berat karena tidak banyak pepohonan. Untuk mendakinya butuh fisik dan stamina prima.

Gunung Guntur memiliki 7 puncak, yang paling populer yakni puncak ke-5. Tiap puncaknya memiliki ciri dan keindahannya masing-masing.

Di puncak 1 sampai 4, penampakan hampir mirip yakni ditumbuhi rerumputan berbentuk sabana dan banyak hutan pinus serta beberapa tanaman edelweiss.

Baca juga: Gunung Bismo, Spot Pendakian Asri di Wonosobo

Sementara di puncak 5 hingga 7 terdapat hutan tropis yang rimbun, rumah bagi neka satwa liar. Dari puncak ini tersaji pemandangan alam indah dan bisa melihat Kota Garut dari ketinggian.

Terdapat bekas letusan dahsyat yang menimbulkan bentangan luas dua kaldera yang dalam. Ada Kaldera Pangkalan di sebelah timur dan Kaldera Gandapura di sisi barat gunung.

Salah satu yang paling diburu para pendaki di puncak Gunung Guntur adalah pemandangan matahari terbit atau golden sunrise dengan siluet Gunung Papandayan, Gunung Cikuray, dan Gunung Ciremai.

Gunung Guntur juga punya padang sabana layaknya di film-film dan banyak spot instagramable.

Ilustrasi

Jika ingin mendaki Gunung Guntur, maka bisa lewat Jalur Curug Citiis di Kecamatan Tarogong Kaler. Untuk masuk ke kawasan gunung ini, dikenakan biaya Rp3.000 per motor, sedangkan mobil Rp5.000.

Tiket masuk kawasan konservasi adalah Rp15.000 per orang. Tiket tersebut sudah termasuk asuransi, biaya masuk, dan biaya berkemah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini