Kanada Siap Sambut Wisatawan Mancanegara yang Sudah Divaksin Covid-19

Firziana Zahra, Jurnalis · Kamis 29 Juli 2021 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 406 2447643 kanada-siap-sambut-wisatawan-mancanegara-yang-sudah-divaksin-covid-19-4XaskIgDRq.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

KANADA mengumumkan rencana untuk menerima kembali turis mancanegara yang telah divaksinasi Covid-19 secara penuh mulai September mendatang, atau 18 bulan setelah negara itu pertama kali lockdown pada Maret 2020.

Pemerintah telah mengatakan bahwa mulai 7 September akan menyambut kembali pengunjung internasional, asalkan mereka sepenuhnya divaksinasi terhadap Covid-19. Selain itu, wisatawan juga harus memenuhi serangkaian persyaratan masuk khusus.

"Pada 7 September 2021, asalkan situasi epidemiologis domestik tetap menguntungkan, pemerintah bermaksud untuk membuka perbatasan Kanada untuk setiap turis yang divaksinasi lengkap yang telah menyelesaikan vaksinasi penuh dengan Pemerintah Kanada," demikian pernyataan Badan Kesehatan Masyarakat setempat.

"Vaksin yang diterima Kanada setidaknya 14 hari sebelum memasuki Kanada dan yang memenuhi persyaratan masuk tertentu," sambungnya, melansir Mirror.

Baca juga: AS Perpanjang Pembatasan Perjalanan dengan Kanada & Meksiko hingga 21 Agustus

Negara itu akan dibuka kembali lebih awal secara bertahap untuk para turis AS, dengan perencanaan mulai 9 Agustus yang sebagian memungkinkan pihak berwenang Kanada untuk mengoperasikan sepenuhnya langkah-langkah perbatasan yang disesuaikan.

Saat ini Kanada terus melakukan lockdown untuk turis internasional, meski ada beberapa pengecualian seperti pelajar internasional, warga negara Kanada, dan penduduk tetap.

Kanada saat ini merupakan tujuan daftar kuning untuk Inggris, Skotlandia dan Wales. Artinya, jika Anda kembali ke Inggris, Anda harus mengisolasi diri selama 10 hari, dan melakukan tes PCR pada hari kedua dan kedelapan.

Pengecualian bagi mereka yang telah divaksinasi penuh terhadap Covid-19, yakni dapat tidak perlu melakukan isolasi mandiri meskipun masih harus mengikuti tes PCR.

Menurut data Reuters, Kanada saat ini berada di sekitar 6 persen dari puncaknya, melaporkan rata-rata 493 infeksi baru setiap hari. Negara ini juga diyakini telah memvaksinasi sekitar 63,3 persen dari populasinya.

Kanada bukan satu-satunya negara yang ingin membuka kembali lockdown akhir tahun ini. Thailand telah memulai menerima turis secara bertahap, dengan rencana pembukaan kembali di seluruh negeri pada bulan Oktober.

Awal bulan ini, pulau Phuket dibuka kembali untuk wisatawan yang telah divaksinasi penuh terhadap Covid-19. Otoritas Pariwisata Thailand (TAT) mengonfirmasi bahwa turis yang telah vaksinasi dapat menuju ke pulau itu tanpa perlu dikarantina sebagai bagian dari proyek 'Kotak Pasir Phuket'. Turis yang tidak divaksinasi tetap harus dikarantina selama 14 malam di hotel karantina.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini