Berkunjung ke Pidie Jaya, Jangan Lupa Cicipi Martabak Kepiting Bakau

Jamal Pangwa, Jurnalis · Sabtu 31 Juli 2021 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 30 301 2448618 berkunjung-ke-pidie-jaya-jangan-lupa-cicipi-martabak-kepiting-bakau-m27Ky3Thgg.jpg Martabak kepiting bakau (MPI/Jamal)

JIKA Anda berkunjung ke Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, jangan lupa mencicipi aneka kulinernya yang lazat. Salah satunya adalah martabak bieng (kepiting) bakau, makanan yang lagi populer di daerah ini.

Martabak bieng bakau bisa ditemui di sebuah warung sederhana di Gampong (Desa) Deah Pangwa, Kecamatan Trienggadeng, Pidie Jaya. Warung ini setiap hari terlihat ramai para pembeli martabak bieng bakau.

Baca juga:  Uniknya Kue Arafit, Buah Tangan Khas Tanah Rencong Berbahan Kacang Merah

Setelah viral, martabak bieng kini bukan hanya diminati warga Pidie Jaya. Tapi ada juga warga kabupaten lain, bahkan dari Sumatera Utara yang datang khusus ke warung Ata Waly ini hanya untuk menikmati gurihnya martabak bieng.

Karena ramai pembeli, warung milik Zulfikar (37) ini sekarang bisa menghabiskan 50 kilogram bieng bakau atau kepiting bakau setiap hari. Kepiting ini dibeli dari nelayan daerah setempat.

Zulfikar meracik sendiri martabak bieng dengan bahan utama berupa telur ayam dan kepiting bakau. Warungnya buka tiap hari dari pukul 16.00 hingga 23.00 WIB.

Baca juga: Aceh Tengah Banyak Tambahan Destinasi Wisata, Apa Saja?

Tapi, kadang pembeli sudah antre sejak pukul 14.00 WIB, menunggu warung buka. Mereka yang penasaran bahkan ikut menyaksikan bagaimana Zulfikar mengolah martabak bieng.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini