Fosil Hewan Tertua di Dunia Ditemukan, Umurnya 890 Juta Tahun!

Aliefa Khaerunnisa Salsabila, Jurnalis · Jum'at 30 Juli 2021 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 30 406 2448211 fosil-hewan-tertua-di-dunia-ditemukan-umurnya-890-juta-tahun-JEgIx94Cmi.JPG Ilmuwan melakukan penggalian fosil (Foto: Usa Today)

SEORANG ahli geologi di Kanada berhasil menemukan fosil (mirip spons) purba yang berusia 890 juta tahun. Temuan itu 350 juta tahun lebih tua dari spons tertua yang pernah ditemukan.

Struktur fosil yang ditemukan dalam sampel batuan berpotensi menunjukkan ada di terumbu bawah laut jutaan tahun yang lalu.

"Temuan ini mungkin mewakili fosil hewan tertua yang pernah ditemukan," kata seorang profesor Universitas Laurentian, Elizabeth Turner.

Para ilmuwan sebelumnya memperkirakan bahwa spons ada sebelum makhluk yang lebih rumit lebih dari 540 juta tahun yang lalu. Namun, ada kekurangan fosil spons yang ditemukan oleh para ilmuwan, dan akan membuktikan garis waktu untuk makhluk purba.

Fosil yang ditemukan oleh Turner menyerupai kerangka yang ditemukan di beberapa spons modern yang dikenal sebagai demospong keratose. Kerangka terdiri dari segmen yang terlihat seperti cabang pohon yang terhubung.

Ahli geologi mengatakan kepada USA Today bahwa penemuannya menarik bagi para ilmuwan dan non-ilmuwan. Semuanya dapat belajar tentang sejarah bagaimana hewan, dan manusia muncul.

Fosil Tertua di Dunia

(Foto: USA Today)

Baca juga: Penjelajah Waktu dari Tahun 5.000 Klaim Punya Bukti Foto Kiamat, Los Angeles Tenggelam!

"Kami bertanya-tanya, apa yang terjadi sebelumnya, dan seperti apa? Bagaimana awalnya?. Ini benar-benar menggelitik," ujarnya.

Jika usia fosil yang ditemukan oleh Turner terbukti benar, maka organisme tersebut hidup di bumi sebelum para ilmuwan percaya bahwa ada cukup oksigen untuk mendukung kehidupan hewan. Makhluk-makhluk itu juga akan hidup sebelum zaman es yang meluas di bumi.

Fosil-fosil yang ditemukan di daerah terpencil di barat laut Kanada yang hanya dapat diakses dengan helikopter.

Turner mengatakan, beberapa kritikus mungkin mempertanyakan temuannya karena tingkat oksigen bumi dan kondisi yang mungkin dihadapi spons tersebut.

“Di sini saya mengatakan, hewan pertama muncul sebelum itu. Jadi mereka tidak membutuhkan oksigen itu. Orang mungkin tidak begitu nyaman dengan itu,” lanjut Turner.

“Ini bukan cawan suci. Ini hanya langkah menuju pandangan yang lebih baik tentang evolusi hewan," sambungnya.

Menurutnya, makhluk mirip spons itu akan hidup di terumbu yang terbuat dari bakteri dan bisa menciptakan oksigen cukup bagi spons untuk bertahan hidup, menurut beberapa laporan.

“Kami tahu pasti ada waktu, episode atau interval evolusi tersembunyi pada hewan sebelum 540 juta tahun yang lalu. Pertanyaannya adalah seberapa jauh ke belakang, dan seperti apa," tuntasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini