Hanya Berjarak 3 Km, Perjalanan Antar Pulau Ini Makan Waktu 15 Hari

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Sabtu 31 Juli 2021 01:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 30 406 2448324 hanya-berjarak-3-km-perjalanan-antar-pulau-ini-makan-waktu-15-hari-hJfeeF1ngZ.JPG Sam, seorang TikToker travel (Foto: TikTok/@samfromwendover)

KEPULAUAN Diomede terdiri atas 2 pulau yaitu Little Diomede dan Big Diomede. Little Diomede merupakan wilayah AS sebagai bagian dari Alaska dan hanya memiliki populasi kecil yakni 115 orang saja.

Sementara Big Diomede yang hanya berjarak 2 mil ke barat atau sekitar 3 km (atau dikenal sebagai Tomorrowland) digolongkan sebagai wilayah Rusia. Meskipun memiliki ukuran pulau yang lebih besar, tidak ada penduduk yang bertahan lama.

Menurut TikToker dengan akun @samfromwendover, kedua pulau ini memiliki fenomena aneh. Sebab, kedua pulau tersebut merupakan bagian dari dua wilayah yang berbeda, Sam menjelaskan perbedaan waktu yang besar meskipun jaraknya hanya dua mil.

"Sekarang jam 2 siang pada hari Jumat di sini (Diomede Kecil) dan jam 10 pagi pada hari Sabtu di sana (Diomede Besar)," katanya.

Karena kurangnya transportasi reguler antara kedua pulau, wisatawan yang ingin berpindah pulau dari satu pulau ke pulau lain, dapat mundur selama dua pekan.

Dilansir Okezone dari Indy100, Sam merinci perjalanan panjang yang harus dilalui para wisatawan.

“Pertama-tama Anda harus naik perahu ke Whales, Alaska, dari sana besok Anda bisa naik penerbangan pukul 16.45 ke Nome. Maka Anda harus menunggu semalaman untuk penerbangan ke Anchorage ini pada hari Minggu, sekarang Jumat malam jadi itu dua hari dari sekarang," tuturnya.

Baca juga: Agustus, Wisatawan Sudah Divaksin Covid-19 Bisa Traveling ke Arab Saudi

“Dari sana Anda harus menunggu, percaya atau tidak, sampai Selasa di Anchorage untuk mendapatkan penerbangan ini ke Seattle. Anda akan menunggu semalaman di Seattle, kemudian dari Seattle Anda akan terbang ke JFK dan menunggu semalaman lagi di New York," terang Sam.

“Anda kemudian akan terbang ke Moskow, menunggu semalam di Moskow kemudian terbang ke Irkutsk dan menunggu 32 jam di Irkutsk dan kemudian terbang ke Anadyr,” katanya lagi.

Sam kemudian merinci bagaimana dia harus menyaring situs maskapai Rusia untuk mengetahui bahwa wisatawan harus menunggu hingga 8 Agustus untuk penerbangan berikutnya ke bandara terdekat ke Big Diomede bernama Lavrentya.

Setelah itu, wisatawan masih harus perlu 'menemukan' seseorang dengan perahu untuk membawa Anda ke Pulau Big Diomede.

Secara keseluruhan, perjalanan ini memakan waktu total 15 hari yang dapat menguras dompet para wisatawan. Sam menghitung perjalanan akan menelan biaya total sekitar USD3.000, atau sekitar Rp43 juta karena ada beberapa penerbangan yang perlu diambil.

@samfromwendover

Why it takes 15 days to travel between two islands two miles apart ##LearnOnTikTok ##TikTokPartner ♬ original sound - samfromwendover

Video milik Sam itu ditentang oleh beberapa orang warganet. Ia menulis; "Hai, saya tinggal di sini dan saya berjanji itu tidak terlalu rumit," kata seorang netizen.

TikToker Julia, seorang jurnalis yang berbasis di Nome, Alaska membalas video milik Sam yang membantah klaim tersebut dengan mengatakan kenyataannya tidak serumit itu.

Julia menjelaskan, Nome adalah sebuah 'komunitas pusat' untuk 15-20 desa adat, termasuk desa kecil di Little Diomede.

Ia lantas memberi informasi bahwa ada perjalanan udara reguler di wilayah tersebut karena sebagian besar desa adat tidak dapat diakses melalui sistem jalan.

Jadi, sebenarnya wisatawan dapat menyewa penerbangan dengan perusahaan swasta daripada melakukan perjalanan pulang pergi menghabiskan waktu selama 15 hari.

Tetapi sebelum travellers terlalu bersemangat dan merencanakan liburan ke Big Diomede, Julia menggambarkan pulau itu sebagai 'batu raksasa' di lautan. Entah apa yang dimaksudnya, mungkin itu hanya sekadar peringatan agar pelancong berpikir ulang untuk pergi ke sana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini