Corona Menggila, Gunung Avatar di China Kena Lockdown

Antara, Jurnalis · Minggu 01 Agustus 2021 01:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 31 406 2448851 corona-menggila-gunung-avatar-di-china-kena-lockdown-NiyYIQHVn7.JPG Gunung Avatar di Zhangjiajie, China (Foto: Instagram/@dmawunker)

KOTA Zhangjiajie, China, yang memiliki perbukitan batu yang sangat populer karena menjadi lokasi pembuatan film Avatar ditutup total untuk umum (lockdown) setelah ditemukan kasus positif Covid-19 varian Delta.

Kasus tersebut ditemukan di antara 2.000 orang yang sedang berkumpul untuk menyaksikan pertunjukan seni di Charming Xiangxi, gedung teater yang berlokasi di objek wisata alam Wulingyuan, Kota Zhangjiajie, pada Kamis, 22 Juli lalu sekitar pukul 18.00-19.00 waktu setempat (17.00-18.00 WIB).

Permukiman, gedung teater, arena pertunjukan seni, dan objek wisata di Zhangjiajie, ditutup total, demikian laporan beberapa media di China.

Baca juga: Hanya Berjarak 3 Km, Perjalanan Antar Pulau Ini Makan Waktu 15 Hari

Otoritas setempat juga melarang warga Zhangjiajie menggelar pertemuan dan meninggalkan kota yang berada di wilayah barat laut Provinsi Hunan itu.

Beberapa objek wisata di Zhangjiajie mulai Jumat masuk kategori kawasan berisiko sedang Covid-19 sehingga harus ditutup untuk umum. Sebanyak 2.000 orang penonton berkumpul di gedung teater tersebut tanpa pengaturan jarak.

Gunung Avatar di China

(Foto: Instagram/@dmawunker)

Kendati diwajibkan mengenakan masker saat hendak memasuki gedung, pihak panitia tidak bisa memastikan semua penonton tersebut tetap mengenakannya selama pertunjukan berlangsung.

Zhangjiajie yang berjarak sekitar 1.000 kilometer dari Ibu Kota China di Beijing itu tiba-tiba terkenal hingga mancanegara setelah menjadi latar belakang film Avatar. Di Taman Nasional Zhangjiajie terdapat sedikitnya 3.000 perbukitan batu vertikal.

Selama musim liburan sekolah akhir semester pada Juni-Agustus, Zhangjiajie dipadati jutaan wisatawan domestik. Munculnya kasus varian Delta di Zhangjiajie diperkirakan berasal dari Kota Nanjing, Provinsi Jiangsu.

Tiga wisatawan dari Dalian, Provinsi Liaoning, terbang ke Nanjing, dan transit selama dua jam sebelum melanjutkan penerbangan ke Zhangjiajie, demikian hasil penelusuran otoritas kesehatan setempat.

Dua kasus varian Delta di Beijing, ternyata memiliki riwayat bepergian ke Zhangjiajie. Selain Beijing, klaster Zhangjiajie dan Nanjing kini telah menyebar ke Chengdu (Provinsi Sichuan), Dalian (Provinsi Liaoning), Chengde (Provinsi Hunan), Huaian (Provinsi Jiangsu), dan Chongqing. Daerah-daerah yang ditemukan varian Delta itu kini juga dikenai lockdown secara parsial.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini